Perbandingan Model Picture and Picture dan Jigsaw II Meningkatkan Berfikir Tingkat Tinggi

Fajri Arif Wibawa, Edy Purnomo, Darsono Darsono

Abstract


The purpose of this study was to find out the effectiveness of high order thinking ability among students who learning using Picture and Picture and Jigsaw II by observing the learning style of students. The research method used was experiment. The result of the research showed that there are differences in students' high-order thinking ability, there are differences in the ability of high-level thinking between students with visual and auditory style, there is interaction between learning model and learning style toward high-level thinking ability, high students thinking ability with Picture and Picture higher in students visual learning style, high-level thinking ability of students with Picture and Picture lower on students whose learning style is auditory, high-order thinking ability of students with higher visual learning style with Picture and Picture, high-level thinking ability of student style visual learning is lower with Jigsaw II.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas kemampuan berfikir tingkat tinggi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Picture and Picture dan Jigsaw II dengan memperhatikan gaya belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan terdapat ada perbedaan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa, ada perbedaan kemampuan berfikir tingkat tinggi antara siswa yang gaya belajarnya visual dan auditori, ada interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi, kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa dengan Picture and Picture lebih tinggi pada siswa gaya belajarnya visual, kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa dengan Picture and Picture lebih rendah pada siswa yang gaya belajarnya auditori, kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa yang gaya belajarnya visual lebih tinggi dengan model Picture and Picture, kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa yang gaya belajarnya visual lebih rendah dengan model Jigsaw II.

Kata kunci: berfikir tingkat tinggi, picture and picture, jigsaw II, gaya belajar.


Full Text:

PDF

References


Amalia, Riski. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Pembuktian Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa SMA. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.

Arends. R. I. 2001. Exploring Teaching: An Introduction To Education. MC Graw Hill Companies: New York.

Brookhart, S. M. .2010. How to Assess Higher Order Thinking Skillss in Your Class-room. ASCD: Alexandria.

Dahar, R. W. 1996. Teaching Science Through Discovery. Macmillan Publishing Company: New York.

Djamarah, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Faad. 2015. The Discrepancy of Students Mathematic Achievement through Cooperative Learning Model, and the ability in mastering Languages and Science.https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&ved=0ahUKEwjBoqrG67bUAhUDpI8KHa3UBEoQFgg8MAM&url=http%3A%2F%2Fwww.ijern.com%2Fjournal%2F2015%2FJanuary-2015%2F13.pdf&usg=AFQjCNGRYMaS1W8E8N16fL-fq18TjSkdeA&cad=rja. Diakses pada 12 Juni 2017.

Gasong. D. 2007. Model Pembelajaran Konstruktivistik Sebagai Alternatif Mengenai Masalah Pembelajaran. www.muhfida/kontruktivistik.doc. Diakses Pada 3 Maret 2017.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar: Yogayakarta.

Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas: Jakarta.

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Alfabeta: Bandung.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.

Sukardi. 2000. Metodologi Penelitian. PT Bumi Aksara. Yogyakarta.

Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Bumi Aksara: Bandar Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.