Perbandingan Keterampilan Sosial Menggunakan Model Time Token dan TS-TS Dengan Konsep Diri

Anita Lisdiana, Edy Purnomo, Pujiati Pujiati

Abstract


The purpose of this study was to know the comparison of social skill of students using Time Token and TS-TS learning model by considering self concept in the subjects of social studies Integrated. The method was pseudo experiments. Hypothesis testing used two way street variance analysis formula and two independent sample t-test. The result of the research showed that there were differences of students' social skills between Time Token learning model and TS-TS model on Integrated Social Studies subjects, social skills learning used Time Token learning model was better than used TS-TS learning model for students who have positive self concept In Integrated Social Studies subjects, social skills learning using TSTS learning model was better than that using Time Tokenlearning model for students who have negative self-concept on Integrated Social Studies subjects, there was interaction between the use of learning model with self-concept in the subjects of social studies Integrated.

Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui perbandingan keterampilan sosial siswa yang menggunakan model pembelajaran Time Token dan TS-TS dengan memperhatikan konsep diri pada mata pelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan sosial siswa antara model pembelajaran Time Token dan model TS-TS pada mata pelajaran IPS Terpadu, keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Time Token lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran TS-TS bagi siswa yang memiliki konsep diri positif pada mata pelajaran IPS Terpadu, keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TSTS lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Time Token bagi siswa yang memiliki konsep diri negatif pada mata pelajaran IPS Terpadu, terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan konsep diri pada mata pelajaran IPS Terpadu.

Kata kunci : Keterampilan sosial, model time token, model ts-ts, konsep diri.


Full Text:

PDF

References


Anita Lie. 2010. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning diRuang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Booysen, M.J. & Grosser, M.M. 2008. Enhancing social skills through cooperative learning. TD: The journal for transdisciplinary research in Southern Africa,Vol 4. No. 2. http://dspace.nwu.ac.za/handle/10394/3605. Diakses 26 Juni 2016.

Desi Fatmawati. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Dan Model Pembelajaran Kooperatif TS-TS Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Dengan Memperhatikankecerdasan Spiritual Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu.Universitas Lampung.

Fajar, Arnie. 2005. Portofolio dalam Pelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ghufron, M. Nur & Rini Risnawati. 2010. Teori-teori Psikologi. Yogjakarta: Ar-Ruz Media.

Hasbullah. 2009. Dasar- dasar Ilmu Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pres.

Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur Dan Model Terapan. Cetakan ke-7. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ibrahim M, dkk. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Iriyanti, Ana Ivar. 2012. Penerapan metode Pembelajaran Time Token Arend pada siswa kelas VIII A SMP N Prambanan Dalam Upaya Menigkatkan Keaktifan Siswa dan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. UNY.

Maryani, Enok.2011. Pengembangan Program Pembeajaran IPS untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Cetakan ke-1. Bandung: Alfabeta.

Sani, Abdullah Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi.2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia