Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Menggunakan TGT dan Problem Posing Memperhatikan Motivasi Belajar

mey zulfia herman, Sudjarwo Sudjarwo, Darsono Darsono

Abstract


The objective of this research was to find out the differences of students concept understanding between using TGT Learning and Problem Posing by paying attention to motivation. This was a comparative research with experiment approach. Population was 127 students in MTs. Al-Falah Muncak. Samples were determined by using cluster random sampling technique. Data were collected by using observation and test. Hypothesis was tested by using two path variance analysis and two independent samples t-test. The results showed that: (1) there were differences in the studentsconcept understanding between using TGT and PP; (2) there were differences in concept understanding between using TGT and PP in those students with high learning motivations; (3) there were differences in concept understanding between using TGT and PP in those students with low motivations; and (4) there was an interaction between the learning models and motivations in concept understanding.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran TGT dan Problem Posing dengan memperhatikan motivasi belajar. Metode yang digunakan adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian dilakukan di MTs Al-Falah Muncak sebanyak 127 siswa, jumlah sampel 60 siswa yang terdiri dari 26 laki-laki dan 34 perempuan. Sampel ini ditentukan dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalur dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Ada perbedaan pemahaman konsep materi IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan model Problem Posing. (2) Ada perbedaan pemahaman konsep materi IPS siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. (3) Ada perbedaan pemahaman konsep materi IPS siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. (4) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep materi IPS.

Kata kunci : Pemahaman konsep, TGT, problem posing, motivasi


Full Text:

PDF

References


Anderson dan Krathwohl. 2014. Revisi Taksonomi Bloom. Rineka Cipta: Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen penelitian. Rineka Cipta : Jakarta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Festus, Olorunniwo, Maxwell K.Hsu dan Godwin J.Udo. 2014.?Service Quality, Custome Satisfaction, and Behavioral Intentions in the Service Factory. Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:Pustaka Setia.

Johnson, David W and Roger T. Johnson. 2008. Cooperative Learning Methode A Meta-Analysis. Journal of Research in Education. http://www. eeraonline.org/journal/files/2002/JRE_2002_01_DWJohnson.Pdf

Randel Josephine M., Barbara A. Morris, C. Douglas Wetzel, dan Betty V. Whitehill. 1992. Efektivitas Permainan untuk Tujuan Pendidikan: Sebuah Tinjauan Penelitian Terbaru. Sumber; http://journals.sagepub.com/doi /abs/10.117/1046878192233001. di akses pada tanggal 2 April 2017.

Slavin, R. 2011. Cooperative Learning : Theory, Research and practice (3nd. Ed.). Terjemahan oleh Lita. 2009. Bandung:Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Widoyoko, E.P. 2014. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia