EFEKTIVITAS VCT DAN CS DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN SIKAP TERHADAP WIRAUSAHA

Ani Marlena, Sudjarwo Sudjarwo, Edy Edy

Abstract


This study was aimed at determining the effectiveness of VCT and CS in developing students attitudeon entrepreneurship which concerned onstudents adversity question. The method used was a quasi-experiment. Hypothesis was tested by using two paths variance analysis and independent two samples t-test. The results showed that (1) There was a difference on the students attitude on entrepreneurship between those who taught by VCT learning model and those who taught by CS learning model. (2) There was an effect of interaction between learning model and adversity question towards entrepreneurship. (3) The students taught by VCT learning model had more positive attitude towards entrepreneurship than those taught by CS learning model for the students who had high adversity question. (4) The students taught by CS learning model had more positive attitude towards entrepreneurship than those taught by VCT learning model for the students who had low adversity qustion.

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas VCT dan CS dalam menumbuhkembangkan sikap terhadap wirausaha siswa dengan memperhatikan kecerdasan adversitas.Metode yang digunakan adalah eksperimen semu.Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis menunjukkan (1) Terdapat perbedaan sikap siswa terhadap wirausaha antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CS. (2) Ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan adversitas terhadap wirausaha. (3) Sikap terhadap wirausaha yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT lebih positif dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CS pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas tinggi. (4) Sikap terhadap wirausaha yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CS lebih positif dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas rendah.

Kata kunci : CS, Kecerdasan Adversitas, sikap terhadap wirausaha dan VCT


Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai-Karakter. Raja GrafindoPersada, Jakarta.

Aulia Chika Utami. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Vct Dan Ctl Dalam Menumbuhkembangkan Sikap Terhadap Wirausaha Siswa Dengan Memperhatikan Kecerdasan Intrapersonal Dan Interpersonal Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X SMK N 2 Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Huda, Miftahul, dkk. 2013.Cooperatif LearningMetode, Teknik, Struktur, DanModel Penerapan.PustakaPelajar, Yogyakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Prakarya dan Kewirausahaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Stoltz, Paul. G. 2000. Adversity Quentient. PT Grasindo, Jakarta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Undang-UndangNo 20Tahun 2003 TentangSisdiknas. Depdiknas, Jakarta.

PP NO 17 tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan pendidikan.

Wahyu Listiana. 2014. Studi Komparatif Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Scaffolding Dan Tipe Jigsaw Dengan Memperhatikan Kecerdasan Adversitas Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sumberejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Universitas Lampung, Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia