PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI ACTIVE SHARING KNOWLEDGE
Abstract
This research is action research that aims to improve students' critical thinking skills by using active strategy of sharing knowledge. This is done because of lack of students' critical thinking skills. Research shows that in the first cycle of the achievement of students' critical thinking abilities by 13%. In the second cycle showed an increase in students' critical thinking skills by 54%, which means better than the previous cycle. In the third cycle indicates the value of the test results of students' critical thinking skills by 85%. This means that after the use of active knowledge sharing strategy there is increasing students' critical thinking skills significantly from prior acts of 0% and after the action in the third cycle be as high as 85%. The conclusions of this study is the use of active knowledge sharing strategy can improve students' critical thinking skills optimally in class VIII B of SMP Wijaya Karya Natar the school year 2015/2016.
Penelitian ini adalah penelitian kaji tindak yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan strategi active sharing knowledge. Hal ini dilakukan karena rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 13%. Pada siklus kedua menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 54% yang artinya lebih baik dari siklus sebelumnya. Pada siklus ketiga menunjukkan nilai hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 85%. Hal ini berarti setelah penggunaan strategi active sharing knowledge terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan dari sebelum tindakan sebesar 0% dan setelah dilakukan tindakan pada siklus ketiga menjadi sebesar 85%. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan strategi active sharing knowledge dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara optimal pada kelas VIII B SMP Wiyata Karya Natar tahun pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: active sharing knowledge, berpikir kritis, strategi
Full Text:
PDFReferences
Arifin dan Setiyawan. 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta : Skripta Media Creative
Daldjoeni. 1981. Dasar-Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung : Penerbit Alumni.
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani
Supardan. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Perspektif Filosofi dan Kurikulum). Jakarta : Bumi Aksara
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung : PT. Rosdakarya
Siberman. 2004. Active Learning. Bandung :Nusamedia dan Nuansa
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta :Prestasi. Pustaka Publisher.
Zaini. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Edisi revisi (Yogyakarta:CTSD Center for Teaching Staff Development, Cet 2)
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v5i1.12328
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia