PENERAPAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN REFLIKA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP NASIONALISME

Adei Saputra, Sudjarwo Sudjarwo, Darsono Darsono

Abstract


This study aimed to describe the implementation of learning by applying the model of discovery learning that used reflika can enhance critical thinking and nationalism. This study used classroom action research with three cycles through the stages of planning, implementation, observation and reflection. The results showed that the application of discovery learning models using reflika has provided a significant increase, from critical thinking test results in cycle 1 achieve mastery 51.35%, cycle 2 achieve mastery 70.27% and third cycle achieve mastery 91.89 %, the students' attitude towards nationalism also increased, from the observation of the first cycle achieve mastery 48.65%, cycle 2 achieve mastery 70.27%, and 3 cycles achieve mastery 89.19%, and the application of the model by using reflika discovery learning can enhance critical thinking and attitudes towards nationalism.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning yang menggunakan reflika dapat meningkatkan berpikir kritis dan sikap nasionalisme. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dengan menggunakan reflika telah memberikan peningkatan yang berarti, dari hasil tes berpikir kritis pada siklus 1 mencapai ketuntasan 51,35%, siklus 2 mencapai ketuntasan 70,27% dan siklus 3 mencapai ketuntasan 91,89%, sikap siswa terhadap nasionalisme juga mengalami peningkatan, dari hasil observasi pada siklus 1 mencapai ketuntasan 48,65%, siklus 2 mencapai ketuntasan 70,27%, dan siklus 3 mencapai ketuntasan 89,19%, and penerapan model discovery learning dengan menggunakan reflika dapat meningkatkan berpikir kritis dan sikap terhadap nasionalisme.

Kata kunci: berpikir kritis, discovery learning, reflika, sikap nasionalisme


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asyari, Maslichah. 2006. Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.

Ballew, H. 1967.Discovery Learning and Critical Thinking in Alegbra. Alegbra: The University Of North Carolina Press.

BSNP. 2007. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ilahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Yogyakarta: Diva Press.

Johnson, Elaine. 2007. Contextual Teaching & Learning. Bandung: Mizan Media Utama.

Kurniasih dan Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 dan Memahami Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.

Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Nurgiantoro, Burhan.1987. Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFM UGM.

Santoso, H. 2009. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Riil dan Laboratorium Virtuil pada Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Tesis. PPS UNS. Tidak diterbitkan.

Sudjarwo. 2015. Proses Sosial dan Interaksi Sosial. Bandung: Mandar Maju.

Tuanakota, Theodorus M. 2011. Berpikir kritis dalam Auditing. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia