PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF

Ika Leli Erawati, Sudjarwo Sudjarwo, Risma Margaretha Sinaga

Abstract


This study was intended to find out and analyzed the character education of ABK students. The methods of the research used a qualitative approach based on the theory of phenomenology. The data were collected by interviews, documentary studies and field observations. The data were analyzed using interactive patterns of data analysis, data reduction, data presentation, verification, and conclusion. The results of this study consisted of school readiness, including teachers, appropriate curriculum to the specific needs of children and other supporting facilities. National character education was done by assisting ABK students with normal students, as well as engages with compassion, motivation, giving more attention without making jealous of other regular students. Obstacles and barriers in dealing with student is that there are still some parents who do not support an inclusive program and there is no special assessment for ABK students.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pendidikan karakter siswa ABK pada pendidikan. Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif didasari teori fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, studi dokumentasi dan observasi lapangan. Teknik analisis data menggunakan pola interaktif data yaitu proses analisis data, reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi kesiapan sekolah termasuk guru, kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan khusus anak dan fasilitas penunjang lainnya. Pendidikan karakter bangsa ini dilakukan dengan cara mendampingkan siswa ABK dengan siswa normal, serta melakukan pendekatan dengan kasih sayang, motivasi, memberi perhatian lebih tanpa membuat cemburu siswa regular lainnya. Kendala dan hambatan dalam menangani siswa ABK yakni masih ada orang tua yang belum mendukung program inklusif, belum ada assesmen khusus untuk siswa ABK.

Kata kunci: abk, pendidikan inklusif, pendidikan karakter


Full Text:

PDF

References


Arum, W.S.A. 2005. Perspektif Pendidikan Luar Biasa dan Implikasinya Bagi Penyiapan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Dirjen Dikti.

Direktorat Pendidikan Luar Biasa. 2004. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Dirjendikdasmen.

Hurlock, Elizabeth B. 1993. Perkembangan Anak Jilid 1-2, Terjemahan Meitasari Tjandrasa, dkk. Jakarta: Erlangga.

IDPN Indonesia. 2007. Tulkit LIRP; Merangkul Perbedaan: Perangkat untuk Mengembangkan Lingkungan Inklusif, Ramah terhadap Pembelajaran (Edisi Keempat).

Lickona, Thomas. 2012. Educating For Character. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa, Pasal 7. Jakarta: Kemendikbud.

Rusman. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Smith, J. David. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.

UNESCO. Salamanca Statement. 2014. Online.http://www.csie.org.uk/inclusion/unesco-salamanca.shtml. Diunduh pada 8 September 2014.

Wardhani, IG.A.K, dkk. 2014. Perspektif Pendidikan SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia