PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG

Zefrisya Zefrisya, I wayan Mustika, Nurlaksana Eko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tari Muli Siger menggunakan metode demonstrasi dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 14 B. Lampung.
Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswi-siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari yang berjumlah 12 siswi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pengamatan (observasi), dokumentasi, wawancara, serta tes praktik.
Metode demonstrasi diterapkan pada pembelajaran tari Muli Siger dari pertemuan awal hingga pertemuan akhir. Metode demonstrasi merupakan metode yang tepat untuk pembelajaran tari Muli Siger. Hal ini terlihat pada siswi yang awalnya belum mempelajari tari Muli Siger, namun dengan metode demonstrasi siswi mampu menggerakan tari Muli Siger dengan baik sesuai dengan yang diajarkan.
Hasil pembelajaran tari Muli Siger menggunakan metode demonstrasi menunjukkan bahwa siswi rata-rata sudah mampu memeragakan tari Muli Siger dengan baik sesuai dengan yang telah diajarkan. Penilaian diberikan melalui 3(tiga) aspek yaitu Teknik Gerak, Ketetapan Gerak Terhadap Musik, dan Ekspresi.


Keywords Pembelajaran, Metode Demonstrasi, Tari Muli Siger


Full Text:

PDF

References


Arshad, M. A, Prof. Dr. Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mustika, M. Hum., Dr. I Wayan. 2012. Tari Muli Siger. Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Sugiyono, Dr. Prof. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, Drs. B. 2004. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.