PENERAPAN METODE BRAIN DANCE PADA PEMBELAJARAN GERAK TARI LAMPUNG DI SD NEGERI 5 TALANG TELUK BETUNG SELATAN

Bela Rahma Sari, Fitri Daryanti, Dwi Tiya Juwita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Brain Dance pada pembelajaran gerak dasar tari Lampung di SD Negeri 5 Talang, Teluk Betung Selatan. Objek penelitian ini adalah penerapan metode Brain Dance pada gerak dasar tari Lampung. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 2 SD Negeri 5 Talang yang berjumlah 30 peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan obervasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari guru  dan peserta didik kelas 2. Penelitian ini  menerapkan delapan pola gerak pada metode Brain Dance yaitu: Pernafasan (Breath), Sentuhan-Taktil (Tactile- Touch), Inti-Distal (Core-Distal), Kepala-Kaki (Head Tile), Atas- Bawah (Upper Lower), Tubuh Terhenti (Body Halt), Melintang Silang (Cross Literal), dan Ruang Depan (Vestibular). Penerapan delapan pola gerak pada metode Brain Dance diatas,dimodifikasi dengan gerak dasar tari Lampung yaitu tari Sigeh Pengunten, Bedana, dan Nyambai Kipas. Hasil penerapan metode Brain Dance pada pembelajaran gerak dasar tari Lampung di SD Negeri 5 Talang Teluk Betung Selatan menghasilkan peserta didik mampu mengikuti gerak tari Lampung yang telah dimodifikasi dengan metode Brain Dance. Proses penerapan dilakukan melalui tiga tahapan yaitu, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Namum peserta didik  masih kesulitan dalam melakukan gerak Ayun dengan teknik Melintang Silang (Cross Literal), dan gerak Gelek dengan teknik Ruang Depan (Vestibular).

Kata Kunci : Metode Brain Dance, Pembelajaran, gerak dasar tari Lampung.


Full Text:

PDF

References


Habsary, D., & dkk. (2023). Gerak tari tradisi. Pusaka Media.

Harsono, T. D. (2014). Tari Melinting: Seni Tari Tradisional Lampung Timur. Patanjala, 6(1), 123-134.

Humoen, Silvestriana. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari Tradisional Dalam Membentuk Karakter Pada Siswa Kelas IV Di SDN Unina Kec. Biboki Moenleu Kab.TTU. Skripsi S1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana

Paus, J. R., Rorimpandey, W. H., & Tambunan, E. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Inpres Kinilow. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(24), 1084-1096.

Suparmi, N. K. (2023). Pentingnya Pembelajaran Tari Tradisional Di Sekolah Dalam Menumbuhkan Rasa Cinta Budaya Siswa. Jurnal Kependidikan, 7(2), 50-55.

Komalasari, Kokom. (2013) Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama

Nurdin Usman, (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, CV Obor Pustaka, Semarang.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka cipta.

Moleong, Lexy J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Siregar, E., & Widyaningrum, R. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Seni dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.