PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA PEMBELAJARAN TARI DI SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG

Kadek Anggi Anggraeni Putri, Amelia Hani Saputri, Goeshy Ayu Mariana Devi Lestari

Abstract


Penelitian ini membahas penerapan model pembelajaran direct instruction dalam kegiatan pembelajaran tari di SMK Negeri 4 Bandar Lampung, khususnya dalam mengenalkan ragam gerak tari Sigeh Penguten kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model direct instruction diterapkan dalam pembelajaran seni budaya, khususnya terhadap pembelajaran tari. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran diterapkan melalui lima tahapan utama, yaitu orientasi, presentasi, latihan terstruktur, latihan terbimbing, dan latihan mandiri. Pada tahap orientasi, guru menjelaskan tujuan dan materi pembelajaran. Presentasi digunakan untuk menyampaikan informasi gerakan tari secara sistematis. Latihan terstruktur dilakukan dengan arahan langsung dari guru melalui metode demonstrasi. Latihan terbimbing berfokus pada perbaikan gerakan dengan koreksi dari guru secara tidak langsung menggunakan metode drill atau latihan berulang. Latihan mandiri memberi kesempatan peserta didik untuk berlatih secara individu atau dengan menggunakan metode tutor sebaya. Dalam empat kali pertemuan, guru hanya mampu menyampaikan enam dari total dua puluh dua ragam gerak tari. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran belum berjalan secara optimal dan sebaiknya dilakukan dengan lebih efektif agar lebih banyak ragam gerak yang dapat dikenalkan. Meskipun demikian, penerapan setiap tahapan dalam model pembelajaran tersebut telah membantu menciptakan proses belajar yang lebih terarah dan sistematis

.

Kata Kunci Model pembelajaran direct instruction:, seni tari

Full Text:

PDF

References


Arifin, M., Umar, M., & Siregar, A. H. (2024). Model-Model Pembelajaran di Era 4.0 dan Disrupsi dalam Implementasi. Journal on Education, 6(02), 11110-11119.

Asyafah, A. (2019). Menimbang model pembelajaran (kajian teoretis-kritis atas model pembelajaran dalam pendidikan islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32.

Dwiyogo, W. D. (2021). Pembelajaran berbasis blended learning. Depok, PT. Raja Grafindo Persada.

Hunaepi, dkk. (2014). Model Pembelajaran Langsung Teori Dan Praktik. Lombok: Duta Pustaka Ilmu.

Habsary, D., Adzan, N. K., & Bulan, I. (2024). Eksistensi Tari Sigeh Penguten dalam Dunia Pendidikan di Bandar Lampung. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1–7.

Lestari, G. A. M. D., Kurniawan, A., & Putra, R. M. (2022). Pelatihan Kreasi Pembelajaran Tari Bagi Guru Seni Budaya di Bandar Lampung. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 3(4), 407-414.

Lubis, K. N., Sari, N., & Gusmaneli, G. (2024). Konsep Dasar Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). GURUKU: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), 60-70.

Martini, T. A. (2012). Implementasi Strategi Quantum Learning Dengan Mengoptimalkan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Pada Pokok Bahasan Segi Empat (PTK di Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2011/2012), Skripsi Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nyimasda, Ampusana (2023). Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Keaktifan Siswa Pada Instalasi Jaringan Local Area Network (Lan) Di Kelas X Tkj Smkn 2 Bengkulu Tengah , Skripsi Doctoral Dissertation, Universitas Dehasen Bengkulu.

Pritandhari, M. P. (2017). Implementasi model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (e-Journal), 5(1).

Rohmah, A. N. (2017). Belajar dan pembelajaran (pendidikan dasar). Jurnal Cendekia, 9(02), 193-210.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Seni dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.