Hubungan Antara Minat Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Tari Pada Tari Klana Raja
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara minat dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Tari Universitas Lampung dalam mempelajari Tari Klana Raja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 100 mahasiswa angkatan 2021- 2022 yang telah menempuh mata kuliah Tari Jawa. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup dengan skala Likert serta studi dokumen terhadap nilai akademik mahasiswa. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson untuk melihat hubungan antara variabel minat dan hasil belajar. Berdasarkan Hasil perhitungan uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara minat mahasiswa terhadap Tari Klana Raja dengan hasil belajar mereka. Nilai koefisien korelasi yang diperoleh adalah r = -0,110 dengan nilai signifikansi = 0,477, yang lebih besar dari 0,05, sehingga hipotesis nol diterima. Hal ini mengindikasikan bahwa minat mahasiswa terhadap mata kuliah ini tidak berpengaruh langsung terhadap hasil belajar mereka. Berdasarkan tabel koefisien korelasi, nilai tersebut memiliki hubungan yang berada pada kategori cukup.
Kata Kunci: Minat, Hasil Belajar, Tari Klana Raja, Korelasi.
Full Text:
PDFReferences
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 4(1), 80-86.
Besare, S. D. (2020). Hubungan minat dengan aktivitas belajar siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 18-25.
Dewi, R. K., & Wardani, K. W. (2020). Pengaruh model pembelajaran picture and picture ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1066-1073.
Hartono, H. (2016). Tari Klana Raja Gaya Yogyakarta. Jurnal Efektor, 3(2), 35-41.
Mahfud, M. K. (2024). Hubungan Antara Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 5 Metro. Disertasi. IAIN Metro.
Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617-2625.
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan media big book untuk menumbuhkan minat membaca di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446- 452.
Putri, A. Y. M. M., Djunaidi, D., & Firdaus, M. (2023). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 160 Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 123-132.
Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289-293.
Syafitri, K. P. (2024). Kesulitan Belajar Tari Klana Raja Pada Mahasiswa Angkatan 2020. Skripsi. Prodi Pendidikan Tari Universitas Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Seni dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.