Pembelajaran Cangget dengan Menggunakan Metode Drill Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Menggala

Ashariii Ashariii, Susi Wendhaningsih, Agung Kurniawan

Abstract


The problem that discussed in this study is that the learning process of Cangget using drill method for extracurricular activities in Senior High School 2 Menggala. This study aims to describe the learning process and results of Cangget using drill method in extracurricular activities in Senior High School 2 Menggala. Behaviorism and theory drill methods are applied to learning from the first meeting to the last meeting. The theory of behaviorism and drill method is the right method and theory in learning Cangget. This can be seen in the first meeting until the last meeting and the teacher used drill steps well and provided stimulus to the students. The results of the studyof Cangget using the drill method show that the average student has been able to demonstrate the Cangget with the good criteria according to what has been taught. The assessment is given through three aspects, that are the ability of movement, accuracy of motion with accompaniment, and expression when dancing.

 

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah  pembelajaran Cangget  menggunakan metode drill pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Menggala. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran Cangget  menggunakan metode drill pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Menggala. Teori behaviorisme dan Metode drill  diterapkan pada pembelajaran Cangget dari pertemuan pertama sampai pertemuan terakhir dikarenakan metode dan teori ini yang tepat pada pembelajaran Cangget. Hal ini terlihat pada pertemuan awal hingga pertemuan terakhir guru mengguanakan langkah-langkah drill dengan baik dan memberikan stimulus kepda siswa. Hasil dari penelitian Cangget mengguankan metode drill menunjukkan bahwa siswa rata-rata sudah mampu memperagakan Cangget dengan baik sesuai dengan yang telah di ajarkan. Penilayan diberikan melalui tiga aspek yaitu kemapuan gerak, ketepatan gerak dengan iringan dan ekspresi saat menari.

 

Kata kunci: Pembelajaran Cangget, Metode drill.


Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hernawan, Asep Herry. 2009. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Isjoni, 2010. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok Bandung: Alfabeta.

Mustika, I Wayan. 2013. Tari Muli Siger. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Mustofa, Ari dan Thobroni, Muhammad. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Silberman, Melvin L. 2016. Active learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif (alih bahasa : Raisul Muttaqien). Bandung: Nuansa Cendekia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##