Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Google Sites Pada Mata Pelajaran Informatika di SMA Negeri 1 Gorontalo Utara

Rukli Prasetya Gaib, Manda Rohandi, Indhitya R. Padiku, Arip Mulyanto, Dian Novian, Arif Dwinanto

Abstract


Pengamatan yang sebelumnya telah dilakukan di SMA Negeri 1 Gorontalo Utara, menemukan permasalahan media pembelajaran digunakan terlalu fokus ke buku paket untuk dicatatat tanpa melibatkan berbagai media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi sehingga siswa merasa bosan pada saat proses pembelajaran berlangsung, masalah selanjutnya untuk mata Pelajaran informatika di SMA Negeri 1 Gorontalo utara hanya memiliki satu guru tenaga pengajar sehingga apabila guru tersebut berhalangan hadir dikarenakan menjadi delegasi sekolah untuk mengikuti kegiatan diluar daerah maka tidak ada guru pengganti mata Pelajaran informatika lainnya sehingga proses pembelajaran tidak berjalan secara optimal. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran berbasis website Google Sites dalam membantu siswa dan guru pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan media pembelajaran Google sites uji validitas media pembelajaran Google Sites pada materi sistem komputer diperoleh presentase dari validitas sebesar 92% dengan kategori “sangat layak” dan untuk hasil uji praktikalitas terhadap media pembelajaran Google Sites pada materi sistem komputer diperoleh presentase sebesar skor rata-rata 88,9% dengan kategori “sangat praktis”. Dengan demikian media pembelajaran Google Sites sangat layak dan praktis dalam membantu proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288

Aulia, D., & Riefani, M. K. (2021). Google Site as a Learning Media in the 21st Century on the Protista Concept. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(3), 173–178. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bino

Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. Instructional Design: The ADDIE Approach, 1–203. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Cahyo Nugroho, M. K., & Hendrastomo, G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Pada Mata Pelajasan Sosiologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(2), 59. https://doi.org/10.26418/j-psh.v12i2.48934

Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524

Iskandar. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII.2 di MTs Negeri Pinrang. Central Library of State of Islamic Institute ParePare, 18–138. http://repository.iainpare.ac.id/1182/1/17.0211.011.pdf

Pebriyanti, I., Divayana, D. G. H., & Kesiman, M. W. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII Di SMP Negeri 1 Seririt. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(1), 50. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.31110

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Heri Retnawati 9 786021 547984.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Embelajaran Nteraktif.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F31488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id