Pengaruh Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Terhadap Partisipasi Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika

Nurdian Pomalo, Dian Novian, Arif Dwinanto, Arip Mulyanto, Mukhlisulfatih Latief, Muthia Muthia

Abstract


Partisipasi Siswa pada saat proses pembelajaran sangat diperlukan, siswa antusias ketika di berikan pembelajaran yang menarik terutama menggunakan media pembelajaran yang interaktif. Dari hasil Observasi di SMP Negeri 4 Tilamuta, adapun permasalahan yang peneliti temukan yaitu mengenai partisipasi siswa yang dilihat dari beberapa indikator, yaitu keikutsertaan, keterlibatan, kesediaan, kemauan, dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar yang disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang interakif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi media pembelajaran interaktif berbasis Canva pada mata pelajaran informatika mempengaruhi partisipasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan design nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini kelas VII-1 yang berjumlah 27 siswa dan kelas VII-2 dengan jumlah 27 siswa sehinggah jumlah keseluruhan sampel adalah 54 siswa. Instrumen penelitian berupa angket/quisioner pernyataan mengenai partisipasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Statistik Deskriptif, uji prasyarat uji Normalitas, uji Homogenitas, uji Hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Untuk uji hipotesis pada uji Independent Sample T Test diperoleh dengan nilai 0,001 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan secara statistik antara dua kelompok (kelas eksperimen dan kelas kontrol) setelah perlakuan. Maka implementasi media pembelajaran interaktif berbasis Canva berpengaruh terhadap partisipasi siswa pada mata pelajaran Informatika.


Kata kunci: ▪ Media Pembelajaran Interaktif ▪ Canva ▪ Partisipasi Siswa ▪ Mata Pelajaran Informatika


Full Text:

PDF

References


Anjarsari, A., & Rohman, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Canva terhadap Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 4(2), 78–85.

Citradevi, C. P. (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 270–275.

Cuit, G. R. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Interaktif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. SHES: Conference Series, 5(6), 123–130.

Faizal, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 150–160.

Faot, S. Y. (2023). Penggunaan media inovatif untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi belajar peserta didik. Apostolos: Journal of Theology and Christian Education, 3(2), 205–215.

Kurniawati, D. (2021). Efektivitas Penggunaan Canva dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 145-159.

Lailiyah, N. N. (2021). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 150–160.

Lam, C., & Wolfe, J. (2023). An Introduction to Quasi-Experimental Research for Technical and Professional Communication Instructors. Journal of Business and Technical Communication, 37(2), 135–164.

Marwah, S. S. (2023). Studi Literatur: Canva Sebagai Media Pembelajaran yang Interaktif. Jurnal PGMI UNIGA, 2(2), 45–50.

Marzuki. (2021). Perbandingan Pembelajaran Interaktif Berbasis ICT dengan Tanpa Interaktif pada Siswa Kelas IV SD Negeri 8 Peusangan. Jurnal Serambi Akademica, 9(2), 45–55.

Prasetyo, H. (2021). Efektivitas Canva sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 112-120.

Purnamasari, I. (2024). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 6(3), 192–197.

Sahelatua, L. S. (2017). Kendala Guru Memanfaatkan Media IT dalam Pembelajaran di SDN 1 Pagar Air Aceh Besar. Elementary Education Research, 1(1), 1–10.

Santoso, B. (2020). "Metode Penelitian Eksperimen dalam Pengujian Efektivitas Metode Pembelajaran". Jurnal Pendidikan dan Metodologi Penelitian, 12(1), 75-88.

Selviani, E. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Individual Programmed Instruction (IPI) terhadap Partispasi Aktif Belajar dan Keterampilan Bermain Siswa pada Pembelajaran Bola Voli di SMA Negeri 4 Lemahabang. [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia].

Sitorus, S., & Simarmata, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Canva pada Mata Pelajaran Informatika. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 4(1), 15–22.

Sukarman. (2023). Implementasi model pembelajaran interaktif dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa di MI Muhammadiyah Hadimulyo. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 3(3), 1–12.

Suryana, T. (2020). "Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Pendidikan". Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 34-47.

Yulianti, D. (2023). Kendala dan Solusi Pembelajaran Informatika di SMP di Daerah Terpencil. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 11(1), 67-75.




DOI: https://doi.org/10.23960/%25x

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id