Evaluasi Program Pelaksanaan Ujian Berbasis Android di SMK N 1 Bukit Sundi

Resti Rahmi Khairati Costa, Ambiyar Ambiyar, Fahmi Rizal, Unung Verawardina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program ujian berbasis Android di sebuah sekolah menengah dengan fokus pada empat aspek utama: Context, Input, Process, dan Product. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel terdiri dari 92 siswa peserta ujian kelas X dan XI dari berbagai jurusan di SMK N 1 Bukit Sundi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dengan skala likert, dan analisis data menggunakan metode rata-rata berdasarkan kriteria evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) aspek Context menunjukkan hasil yang baik, namun terdapat indikator yang perlu diperbaiki, yaitu pembatasan server yang menghalangi siswa melihat hasil ujian secara langsung; (b) aspek Input, pelaksanaan ujian berbasis Android dinilai memadai dengan penilaian yang baik; (c) aspek Process dinilai baik karena fasilitas pelaksanaan ujian telah memadai; (d) aspek Product menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa masih berada di bawah KKM, sehingga perlu perhatian khusus untuk perbaikan dan pencapaian tujuan evaluasi yang baik.

 

Kata kunci: CBT, CIPP, Evaluasi Program, Ujian Berbasis Android


Full Text:

PDF

References


Adio Balan, Y., Sudarmin, , Kustiono, &, Artikel, S., Kefamenanu, J. S., Timor, K., & Utara, T. (2017). Pengembangan Model Computer Based Test (CBT) Berbasis Adobe Flash untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(1), 36–44. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i1.15574

Ardiansyah, M. (2021). Analisis Penilaian Tengah Semester Menggunakan Sistem CBT Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMK Islam Perti Jakarta. Research and Development Journal of Education, 7(1), 29. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.7667

Erdian, *, Putra, Y., Pamungkas, S., Prodi, F., & Sejarah, P. (2020). IMPLEMENTASI PELAKSANAAN UJIAN SEMESTER BERBASIS ANDROID DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI. FKIP Universitas Batanghari Jambi, 4(1).

Huzaimah, F., & Irfan, D. (2018). RANCANG BANGUN APLIKASI UJIAN ONLINE PRA KOMPRE BERBASIS ANDROID. Voteknika, 6(2), 53–60. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index

Kristiyani, E., Iriani, T., & Saleh, R. (2014). EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM UJIAN ONLINE DI SMK NEGERI 4 JAKARTA (Penelitian Evaluatif di Kelas XII Jurusan Teknik Konstruksi Batu Beton SMKN 4 Jakarta). In Jurnal PenSil FT UNJ: Vol. III (Issue 1).

Novrianti. (2014). PENGEMBANGAN COMPUTER BASED TESTING (CBT) SEBAGAI ALTERNATIF TEKNIK PENILAIAN HASIL BELAJAR. In JUNI (Vol. 17, Issue 1).

Prayogi, M., Pradja, A., Saeful Hilalulloh, M., Firmansyah, R., & History, A. (2022). PERANAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DALAM MENDUKUNG MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING INFORMASI ABSTRAK. 4(2). https://doi.org/10.23960/jpvti

Putra, R. L., Maulana, A., & Iriani, T. (2019). EVALUASI PROGRAM PELAKSANAAN UJIAN ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MOODLE BERBASIS ANDROID DI SMK NEGERI 1 JAKARTA. Jurnal PenSil, 8(1), 47–54. https://doi.org/10.21009/jpensil.v8i1.8483

Rahmadani, K., & Masamah, M. (2023). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan, 5(1). https://doi.org/10.23960/jpvti

Rahman Riyanda, A., Herlina, K., Anggit Wicaksono, B., Universitas Lampung Jl Sumantri Brojonegoro No, F., Meneng, G., & Lampung, B. (2020). EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN DARING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Vol. 4).




DOI: https://doi.org/10.23960/27904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id