Pengaruh Minat Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi dan Informatika SMK Negeri 1 Tambusai
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah minat dan motivasi peserta didik SMK Negeri 1 Tambusai pada saat pembelajaran Teknik Informatika (TIK) masih rendah, hal ini disebabkan kurangnya waktu dalam belajar. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui minat dan motivasi siswa dalam mengikuti mata Teknik Informatika (TIK) pada peserta didik di SMK Negeri 1 Tambusai.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK Negeri 1 Tambusai kelas x TKJ yang berjumlah 30 orang dengan menggunakan teknik pengambilan Total Sampling. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tambusai, dari hasil analisis pengujian Hipotesis minat peserta didik terhadap hasil belajar siswa yang dilakukan perhitungan statistik sesuai dengan formula yang digunakan (Uji t) diperoleh thitung 4,276 >ttabel1,697 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut diartikan bahwa terdapat pengaruh minat peserta didik terhadap Hasil Belajar peserta didik Mata Pelajaran TIK Kelas X di SMK Negeri 1 Tambusai.
Kesimpulan dalam penelitian ini Terdapat Pengaruh yang Signifikan antara Minat Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran TIK kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tambusai


Full Text:
PDFReferences
Andi Dian Rahmawan, N. M. S. D. (2019). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi bagi siswa tingkat smp pada mata pelajaran bahasa inggris dan matematika. Abdimas Dewantara, 2(1), 36–44.
Anis Sulistyani , Sugianto, M. (2016). Metode Diskusi Buzz Group Dengan Analisis Gambar Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Physics Education Journal, 5(1).
Frylly Frycylya Warokka, Mario Tulenan Parinsi, A. T. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Jaringan Smk. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 276–283.
Julianti Alisia Mona Salem, Wensi Ronald Lesli Paat, A. T. (2021). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Jaringan Dasar. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 132–138.
Ni Nyoman Suwastarini, Nyoman Dantes, I. M. C. (2015). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Media Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sdlb B ( Tunarungu ) Pada SLB B Negeri Ptn Jimbaran. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(1), 1–10.
Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 03(1), 42–46.
Randy Aldy Pondaag, Rudy Harijadi Wibowo Pardanus, P. V. T. (2021). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kkpi Siswa Smk. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 284–296.
Risma Yunita, M. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Improve Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( TIK ). Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 9–22.
Rizal, N. F. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa. 5, 76–84.
Saleh M Sahib, M. S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMPN 30 Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(20), 55–62.
Sugiyono, S. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F27750
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional
Diterbitkan oleh:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id