Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Praktik di Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Macromedia Flash yang digunakan pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK sebagai media praktik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, dengan mengacu pada model ASSURE. Model ini terdiri dari 6 langkah yaitu: (1) Analyze Learning Characteristics (Menganalisis Siswa); (2) States Objectives (Menentukan Tujuan); (3) Select Methods, Media and Material (Memilih Metode, Media dan Bahan Ajar); (4) Utilize Media and Materials (Penggunaan Media dan Bahan); (5) Require Learner Participation (Mengembangkan Peran Serta Siswa); (6) Evaluate and Revise (Menilai dan Memperbaiki). Berdasarkan hasil uji coba media pembelajaran berbsais Macromedia Flash ini sangat layak digunakan, dalam pembelajaran praktik. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji validasi instrumen dan validasi para-ahli yang menunjukkan bahwa produk dinyatakan layak digunakan. Dimana pembelajaran berbasis Macromedia Flash Professional 8 pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital sangat efektif dan layak dijadikan sebagai salah satu bahan ajar praktik dalam kegiatan pembelajaran kelas X di SMK.
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, M. E. (2020). Implementasi Model Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3).
Alfirzan. Y. N. (2021). Kebijakan Pendidikan serta Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 5, 1520–1521.
Alyusfitri, R., Aziz, I., Amdia, D., & Doktor, P. (2020). Pengembanganmediapembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Dengan Pedekatan Contextual Teaching and Learning Pada Materi Bangun Ruang Kelas V Sd. 04(02), 1281–1296.
Anugraheni. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif di Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE
Aprianiwati. dkk. (2020). Instrumen Asesmen Bagi Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Biologi Berbasis PBL (Problem Based Learning). Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 10(2).
Ardiansyah, N. (2013). Macromedia Flash Profesional 8.
Arfani. (2016). Mengurai Hakikat Pendidikan Belajar dan Pembelajaran Laila Arfani. Jurnal PPKn & Hukum, 11(2), 85–86.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). PT. Rineka Cipta.
Arisanti, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Software Macromedia Flash 8 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2122–2132. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.930
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.
Arwildayanto. A. W. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan (Engkus Kuswandi, Ed.). Cendekia Press. www.cendekiapress.com
Cahyono, B. D. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Delphi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan elektronika di SMK Kal 1 Surabaya ditinjau dari Tingkat Kemandirian Belajar. Universitas Negeri Surabaya.
Chaeruman, U. A. (2019). Instrumen Evaluasi Media Pembelajaran. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.14419.12329
Darma, Y., Syarif S Putra, dan R., Studi Pendidikan Matematika, P., & PGRI Pontianak Jalan Ampera No, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Development of Macromedia Flash-Based Learning Media with Problem Posing to Mathematical Problem-Solving Ability. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar.
Djamaluddin. (2019). Belajar dan Pembelajaran. CV Kaaffah Learning Center.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Universitas Pendidikan Ganesa. https://www.researchgate.net/publication/315105651
Fahriansyah, F. (2021). Pengembangan Desain Model Pembelajaran Assure Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan di Smp Islamiyah Sawangan. Perspektif, 1(1), 53–63. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i1.5
Faridah. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan di SMP Negeri 2 Sabang. Jurnal Peradaban Islam, 1(2).
Fathiyati, R. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash Sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa SMA/MA Kelas Xi Semester 2 Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS, 211–212.
Fransisca, M. (2017). Pengujian Validitas, Praktikalitas, Dan Efektivitas Media E-Learning Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal VOLT, 2(1), 17–22.
Hanafi. (2012). Re-Orientasi Keterampilan Kerja Lulusan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1).
Harahap, O. D. B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 955–961. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.460
Hasan, M. (2021). Media Pembelajaran (F. Sukmawati, Ed.). Tahta Media Group.
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. www.aswajapressindo.co.id
Irwanto, I. I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif untuk Mata Kuliah Elektronika Daya. JURNAL PENDIDIKAN, 30(2), 353. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1375
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Antasari Press.
Kosassy. (2019). Mengulas Model Model Pengembangan Pembelajaran Dan Perangkat Pembelajaran. Jurnal PPKn & Hukum, 14(1).
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya.
Marpaung. S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Macromedia Flash Proffesional 8 Kelas V Sd Swasta Namira. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(1), 28–29.
Maunah, B. (2009). Landasan Pendidikan. TERAS.
Mukni’ah. (2016). Perencanaan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Nomleni. dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Couple Card terhadap Higher Order Thingking Skilss Siswa pada IPA Biologi di SMP Negeri 10 Kota Kupang. Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 79–85. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v13i2.42138
Nst, F. U., Syahputra, E., & Mulyono. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Macromedia Flash Secara Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Negeri 1 Binjai. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 728–739. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2130
Pane. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2).
Peraturan PP No. 32 Pasal 20. (2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013. www.djpp.kemenkumham.go.id
Permendikbud No. 65. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia (Nomor 65 Tahun 2013) Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Permendikbud No. 66. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia (Nomor 66 Tahun 2013) Tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Permendikbud No. 81. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Nomor 81 Tahun 2013) Tentang Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal. www.djpp.kemenkumham.go.id
Pribadi, B. A. (2011). Model Assure. www.dianrakyat.co.id
Putri Pebriyani, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Rajabi. dkk. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Instalasi Sistem Operasi dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 3(1).
Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. IAIN Antasari Press.
Ratnawati. dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Question Card terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01).
Saftari, M. (2019). Penilaian Ranah Afektif Dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk Menilai Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1), 71–81. https://doi.org/10.35438/e.v7i1.164
Septian, A., Inayah, S., Pelani, J. I., & Suryakancana, U. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).
Sofyan, H. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013 (Edisi Pertama). UNY Press.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cetakan Ke-26). Alfabeta.
Sunarti. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI TKR I SMK Negeri 5 Semarang Pada Materi Larutan Asam dan Basa Tahun Pelajaran 2015/2016. Majalah Ilmiah Inspiratif, 4(8).
Supinah. (2008). Penyusunan Silabus Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika Sd dalam Rangka Pengembangan KTSP (Hanan Windro Sasongko, Ed.). Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Suryadi, I., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PMRI Menggunakan Macromedia Flash Profesional 8. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 3(1), 40–49. https://doi.org/10.31539/judika.v3i1.1263
Suyanto. (2003). Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. ANDI.
Syamsidah. H. (2018). Model Problem Based Learning (PBL). CV Budi Utama.
Syefrinando, B. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Professional 8. IJER, 1(2). http://edujurnal.iainjambi.ac.id
Tanjung. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Jurnal Genta Mulia, 9(2), 59–60.
Tim. (2016). Pengembangan Silabus Dan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual (Cetakan ke-3). PT Kharisma Putra Utama.
Ula, I. R., & Fadila, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP. Jurnal Desimal, 1(2), 201–207. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index
Utami, I. S. (2017). Pengujian Validitas Model Blended Learning Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal VOLT, 2(1), 1–10.
Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 785–793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439
Wardana. (2020). Belajar dan Pembelajaran.
Wardani, K. W., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.
Warsono, & Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. PT Remaja Rosdakarya.
Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. PT Bumi Aksara.
Widiyawati, I. (2018). Keefektifan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Sd Negeri 06 Larangan. Jurnal Sinektik, 1(1), 40–45.
Wirawan, N. (2016). Cara Mudah Memahami Statistika Eknomi dan Bisnis (Statistika Deskriptif). Keraras Emas.
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19. https://doi.org/10.24036/invotek.v19vi1.409
Yuniastuti. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial. Scopindo Media Pustaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F27599
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional
Diterbitkan oleh:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id