Pengaruh LKPD Berbantuan Smartphone untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMK

Bayu Saputra, Margaretha Karolina Sagala

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh penggunaan LKPD berbasis smartphone terhadap penguasaan konsep siswa SMK kelas X teknik kendaraan ringan (TKR) SMK Bhati Utama, Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang dalam pembelajarannya dilakukan secara konvensional. Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan pretest - posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara peserta didik dan guru. Data hasil belajar dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas, dilanjutkan uji-t. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran peningkatan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan LKPD berbantuan smartphone, skaligus memberikan dampak yang signifikan

Full Text:

PDF

References


Andrita, Rochmawati. 2015. Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dengan Wondershare Quiz Creator Materi Sistem Penilaian Persediaan, (Online), Vol. 3, No. 2, (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/13175/17015).

Arta, Maulida. 2013. Boomingnya Android, (Online), (http://ilmukomputer.org/ wpcontent/uploads/2013/04/android.doc, Diakses 14 Februari 2016).

Edi Ismanto, Nelly Novalia, Pratama Benny Herlandy. 2017. Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru SMA Negeri 2 Kota Pekanbaru. Jurnal untuk mu negeri Vol. 1 No. 1.

Fajar, Karyawan. 2011. Tutorial Step By Step Full Color: Membedahkan Kehebatan Android. Jakarta: Grasindo.

Herman, Lamijan. 2014. Pengembangan Media CAI Pada Mata Pelajaran TIK Kompetensi Dasar Membuat Karya Sederhana Menggunakan Program Pengolah Angka Kelas VIII Semester 2 Di SMP N 2 Patianrowo Nganjuk, (Online), Vol. 2, No. 3, (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/ view/9773/12860).

Hanim Faizah, Erna Puji Astutik. 2017. Efektivitas Lembar Kerja Siswa (Lkpd) Berbantuan Software Geogebra Pada Materi Program Linier Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (FIBONACCI) Vol. 3 No. 2. UMJ.

Indrajit. 2011. Teknologi Informasi dan Perguruan Tinggi: Menjawab Tantangan Pendidikan Abad ke-21. APTIKOM. (e-book)

Iskandar. 2004. Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk SMP Kelas VIII. Bandung: Regina. Kemajuan Pendidikan Di Indonesia. Malang: PLS UM.

Mukhtar. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi.

Master. 2012. Langsung Inget: Mengupas Lengkap All About Android Putra. Jakarta: Kuncikom.

Nursina, La Ode Muh Umran, Joko. 2016. Penggunaan Smartphone Dalam Mengembangkan Pola Belajar Siswa Sma Negeri 1 Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara. Jurnal ilmu komunikasi UHO.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Pitriani. 2017. “Pengembangan LKPD Berbasis PBL Berbantuan Cabri 3D Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA”. Fibonacci: Pendidikan Matematika dan Matematika, Vol. 3 (1) pp 1-10

Salbino. 2014. Buku Pintar Gadget Android Untuk Pemula. Jakarta: Kunci Komunikasi.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1, Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
E-mail: pti@fkip.unila.ac.id