WORKSHOP KOLABORASI KOMBEL SMANGGI BERBATIK DALAM KEGIATAN PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI PESERTA DIDIK SMAN 1 SRAGI
Abstract
Pengetahuan guru maupun siswa mengenai penulisan karya ilmiah siswa baik itu yang berkaitan dengan fenomena alam, sejarah maupun kearifan lokal di Lampung masih sangat kurang. Hal ini bisa disebabkan karena mayoritas tenaga pendidik dan siswa masih terfokus pada aktivitas pembelajaran formal, sedangkan peningkatan kemampuan penulisan karya ilmiah belum menjadi prioritas pada siswa SMA N 1 Sragi di Kecamatan Sragi. Tujuan utama pengabdian ini adalah untuk mengedukasi siswa pada tingkatan sekolah menengah atas melalui kolaborasi Kombel "SMANGGI BERBATIK" SMA N 1 Sragi yang dapat menciptakan sinergi antara kebutuhan siswa dan sumber daya yang tersedia di sekolah. Berdasarkan analisis kegiatan workshop kolaborasi Kombel Smanggi Berbatik dalam kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah bagi siswa/i SMA N 1 Sragi diperoleh hasil nilai rata-rata pre test peserta pelatihan adalah 65,6 dan rata-rata post test peserta adalah 83,6. Adapun secara keseluruhan prosentase peningkatan hasil evaluasi peserta dari pre test ke post test mengalami peningkatan sebesar 21,5%. Prosentase peningkatan dapat menunjukan bahwa workshop kolaborasi Kombel Smanggi Berbatik dalam kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah bagi siswa/i SMA N 1 Sragi. Melalui workshop ini siswa dan siswi dapat mengembangkan potensinya dalam pembuatan karya tulis ilmiah yang menarik dan inovatif.
Kata Kunci: Karya Ilmiah, Workshop, Smanggi Berbatik
Full Text:
PDFReferences
Arifudin, I. (2007). Urgensi Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah. Insania, 12(2), 220–233.
Arono, A., & Arsyad, S. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagian Abstrak dan Pendahuluan Model Induktif Partisipatif pada Guru SMA/SMK/MA dan Dosen Bahasa di Lubuk Linggau dalam Peningkatan Profesionalitas. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 167–184. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.365
Heriyudananta, M. (2021). Analisis Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 47–55. https://doi.org/10.53754/iscs.v1i1.5
Kasiyan, K., Muria Zuhri, B., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. JPPM: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 47–53.
Mardin, H., Nane, L., Demulawa, M., Hardianti, W. E., & Alwi, N. M. (2023). Peningkatan Kemampuan Penulisan dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah bagi Peserta Didik dan Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Boalemo Provinsi Gorontalo. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 14(1), 167–173. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i1.11466
Purnamasari, I., Nur Hayati, M., & Yuniarti, D. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Mendorong Peningkatan Kualitas Siswa Tingkat SMA. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 131–137.
Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa STKIP Andi Matappa Kabupaten Pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39. https://doi.org/10.25273/jta.v3i1.2165
Satiti, W. S., & Ami, M. S. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNWAHA. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 105–110. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i2.2581
Sumarni, S., Prayitno, A. T., & Adiastuty, N. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-guru SMA Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Al-Khidmat, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.15575/jak.v3i1.6243
Syarifuddin, S. (2021). Analisis Kesiapan Guru dalam Penulisan dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(1), 49–55. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1.21
Wasehudin, W., Fatchurroman, N., Anshori, I., & Murniasih, E. (2022). Efektifitas Workshop Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru PAI di Lingkungan Kementerian Agama Provinsi Banten. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 192–198. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i2.4795
Widagdo, A., & Susilo, S. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-guru SD di Kecamatan Kendal. ABDIMAS UNWAHAS: Jurnal Pengabdian Masyrakat UNWAHAS, 3(1). https://doi.org/10.31942/abd.v3i1.2234
Widayanti, L., Rahayu, W. A., Kala’lembang, A., & Fitria, V. A. (2022). Penguatan Budaya Literasi Melalui Karya Ilmiah Siswa-Siswi SMK Mahardika Malang Karangploso. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 145–152. https://doi.org/10.32815/jpm.v3i1.1222
Yusuf, F. (2023). Pelatihan Sitasi Untuk Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Menggunakan Mendeley Reference. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(1), 33–38. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i1.1082
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.