OPTIMALISASI KEMAMPUAN LITERASI MELALUI PROGRAM KERJA TAMAN BACA DI UPT SD NEGERI 2 REJO SARI KECAMATAN NEGERI AGUNG KABUPATEN WAY KANAN

I Komang Winatha, Elsa Dara Puspita, Ajeng Sri Wahyuni, Riyan Yuliyanto, Alfina Damayanti

Abstract


Membaca merupakan modal utama untuk kemajuan suatu bangsa, oleh karena itu minat baca harus ditumbuhkan pada masyarakat sejak usia dini. Taman baca masyarakat merupakan tempat yang ideal sebagai wahana bermain, belajar pengembangan minat baca dan meningkatkan literasi anak. Dengan tumbuhnya kebiasaan membaca ini dapat mendorong peningkatan kualitas hidup, kreatifitas, kemandirian, daya juang, dan daya saing di masa-masa yang akan datang. Membaca sangat diperlukan untuk menunjang pengetahuan yang harus dikuasai oleh peserta didik. Sehingga membaca tentunya menjadi kebiasaan yang harus dimiliki oleh seluruh peserta didik di Indonesia. Tujuan kegiatan ini adalah Meningkatkan kebiasaan dan gemar membaca yang dilakukan secara teratur dan berkelanjutan agar menjadi suatu kebiasaan, siswa untuk gemar membaca kapanpun dan dimanapun, Menumbuhkan rasa senang terhadap membaca dalam diri siswa sehingga siswa dapat memiliki wawasan yang luas, Menumbuh kembangkan budaya literasi sekolah dalam rangka menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang ramah dan menyenangkan dan meningkatkan kemampuan literasi siswa. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sasaran yang dipilih yaitu siswa Sekolah Dasar UPT SDN 2 Rejo Sari. Hasil Kegiatan ini menunjukkan partisipatif dan dukungan dari pihak sekolah dan masyarakat dari aspek sosialisasi. Pembuatan Taman Baca dilaksanakan dengan memilih lokasi yang strategis yang menjadi bagian dari Sekolah, kegiatan ini melibatkan Mahasiswa KKN, Kalangan Masyarakat dan pihak sekolah.

Kata kunci: Taman Baca, Literasi

Doi: http://dx.doi.org/10.23960/JPSI/v1i2.89-93


Full Text:

PDF

References


Aznedra, A., & Putra, R. E. (2018). Pelatihan Pengelolaantaman Bacaan Masyarakat “Ceria” Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Non Formal Bagi Warga Kelurahan Bukit Tempayan RW 03. Minda Baharu, 2(1), 67-83.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Jurnal Akrab Aksara Agar Berdaya Membangun Budaya Literasi Volume VII Edisi 1. Jakarta: Kemendikbud.

Khoiruddin, M. A., Taulabi, I., & Imron, A. (2016). Menumbuhkan minat baca sejak dini di taman baca masyarakat. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(2), 291-319.

Lestari, E. C. (2015). Konstruksi Sosial Masyarakat Desa Kayen Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Terhadap Penyelenggaraan Taman Bacaan Masyarakat “Perpustakaan Bunga Surya”. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(3), 61-70.

Misriyani, M., & Mulyono, S. E. (2019). Pengelolaan Taman Baca Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 160-172.

Saepudin, E. (2017). Pengembangan taman bacaan masyarakat di Desa Sindangkerta kecamatan cipatujah kabupaten tasikmalaya. Dharmakarya, 6(1).

Syarif, I., & Elihami, E. (2020). Pengadaan taman baca dan perpustakaan keliling sebagai solusi cerdas dalam meningkatkan minat baca peserta didik SDN 30 Parombean kecamatan Curio. Maspul Journal of Community Empowerment, 2(1), 109-117.

Waluyo, Y. T., & Desmawati, L. (2015). Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Andragogi Di Rutan Banjarnegara. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.