LITERASI DIGITAL SEBAGAI PENGUATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI ABAD-21

Ahmad Jaenudin, Kusumantoro Kusumantoro, Inaya Sari Melati

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat memberikan perubahan tatanan dalam Pendidikan. Arah pendidikan abad-21 mengalami perubahan yang signifikan terutama pada proses pembelajaran. Penerapan teknologi digital pada proses pembelajaran membuat pendidik diharuskan untuk menyesuaikan dengan cepat. Pengenalan metode pembelajaran dengan pendekatan blended learning adalah sebagai respon perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan dan pengajaran. Pola interaksi tatap muka disandingkan dengan pola interaksi daring atau Pendidikan jarak jauh. Kurangnya kesiapan pada pendidik dan peserta didik dalam menghadapi perubahan yang cepat menimbulkan berbagai masalah dalam proses pembelajaran. Lemahnya pemahaman pada literasi digital membuat pendidik kesulitan dalam memilih media yang efektif digunakan sehingga proses pembelajaran tidak berjalan efektif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada MGMP Ekonomi SMA Jawa Tengah diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada MGMP Ekonomi SMA Jawa Tengah dimaksudkan untuk memberikan penguatan kepada guru agar mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif guna mendorong optimalisasi sumber daya dan pemanfaatan tekonologi digital sebgaia bentuk meningkatkan kompetensi professional guru dalam pembelajaran. Metode yang dilaksanakan pada pengabdian ini dengan mengungkap permasalahan dari mitra. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan pendampingan berkelanjutan baik dengan metode ceramah tanya jawab, diskusi, simulasi serta pendampingan sehingga menemukan solusi yang tepat. Luaran pengabdian ini adalah publikasi artikel di jurnal nasional terakreditasi dan publikasi pada media massa/elektronik.

Kata Kunci : Literasi Digital, MGMP Ekonomi, Jawa Tengah


References


Bahasoan, A. N., Wulan Ayuandiani, Muhammad Mukhram, & Aswar Rahmat. (2020). Effectiveness of Online Learning In Pandemic Covid-19. International Journal of Science, Technology & Management, 1(2), 100–106. https://doi.org/10.46729/ijstm.v1i2.30

Bao, W. (2020). COVID ‐19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University . Human Behavior and Emerging Technologies, 2(2), 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus ( COVID-19 ) Pandemic in Georgia. 5(4).

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Chick, R. C., Clifton, G. T., Peace, K. M., Propper, B. W., Hale, D. F., Alseidi, A. A., & Vreeland, T. J. (2020). Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic. Journal of Surgical Education, 77(4), 729–732. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2020.03.018

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02

Jajat Sudrajat. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100–110. http://journals.usm.ac.id/index.php/jreb

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Lee, A. (2020). Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is challenging? Public Health, 179, A1–A2. https://doi.org/10.1016/j.puhe.2020.02.001

Li, C., Yang, Y., & Ren, L. (2020). Genetic evolution analysis of 2019 novel coronavirus and coronavirus from other species. Infection, Genetics and Evolution, 82(March), 1–3. https://doi.org/10.1016/j.meegid.2020.104285

Lubis, R. R. (2016). KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PERSFEKTIF ISLAM (Studi Pemikiran Nasih ‘Ulwān Dalam Kitab Tarbiyatul Aulād). TAZKIYA, 5(2), 11–40.

Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap PJJ pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 75–82.

Muttaqin, T. (2018). Determinants of Unequal Access to and Quality of Education in Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 2(1). https://doi.org/10.36574/jpp.v2i1.27

Nadia Fairuza Azzahra. (2020). Indonesia di Masa Krisis Pandemi Covid-19. Ringkasan Kebijakan, 19(2), 1–9.

Onyema, E. M. (2020). Impact of Coronavirus Pandemic on Education. Journal of Education and Practice, 11(13), 108–121. https://doi.org/10.7176/jep/11-13-12

Phan, T. (2020). Genetic diversity and evolution of SARS-CoV-2. Infection, Genetics and Evolution, 81(February), 104260. https://doi.org/10.1016/j.meegid.2020.104260

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462

Wang, H., Wang, Z., Dong, Y., Chang, R., Xu, C., Yu, X., Zhang, S., Tsamlag, L., Shang, M., Huang, J., Wang, Y., Xu, G., Shen, T., Zhang, X., & Cai, Y. (2020). Phase-adjusted estimation of the number of Coronavirus Disease 2019 cases in Wuhan, China. Cell Discovery, 6(1), 4–11. https://doi.org/10.1038/s41421-020-0148-0

Widodo, Ari, & Riandi. (2013). Dual-mode teacher professional development: challenges and re-visioning future TPD in Indonesia. Teacher Development, 17(3), 380–392. https://doi.org/10.1080/13664530.2013.813757

Widodo, Arif, & Nursaptini. (2020). Problematika Pembelajaran daring dalam Perspekif Mahasiswa. Elementary School Education Journal), 4(2), 100–115.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.