PEMBERIAN EDUKASI KEPADA MASYARAKAT TENTANG GENERASI Z DAN KEUNIKANNYA
Abstract
Program Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat merupakan salah satu wujud tridharma perguruan tinggi yang wajib untuk dilakukan.. Bentuk kegiatan pengabdian seminar online ini ybertujuan untuk memberikan informasi atau pengetahun seputar aspek psikologi terkait dengan permasalahan-permasalahan yang biasanya muncul pada generasi Z. Webinar ini terbuka bagi semua peserta mulai dari usia dewasa, remaja, orangtua, profesi pendidik, dosen, pekerja. Materi yang akan kami sampaikan meliputi 4 topik, antara lain: Passion, Self Love, Insecurity dan Fear of Missing Out. Setelah peserta mengikuti acara webinar yang diselenggarakan oleh fakultas psikologi, diharapkan dapat membantu memberikan gambaran terkait problem apa saja yang mungkin dialami oleh remaja sampai dewasa, bahkan orangtua. Selain itu, kegiatan webinar ini juga dilakukan sebagai upaya bagi orangtua dan juga remaja/dewasa untuk mengatasi permasalahan yang mungkin muncul dalam tahap perkembangan yang dilalui.
Kata Kunci : Daring, Generasi Z, Keunikan Generasi Z
Full Text:
PDFReferences
Forbes. (2018). 8 Ways Generation Z Will Different From Millennials In The Workplace. Dapat diakses melalui: https://usd.ac.id/pusat/p2tkp/generasi-z-yang-gemar-kerja-sendiri/
Hurlock, E.B. (2003). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga: Jakarta.
Jayani, D. H. (2021). Proporsi Populasi Generasi Z dan Milenial Terbesar di Indonesia. Dapat diakses melalui: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/24/proporsi-populasi-generasi-z-dan-milenial-terbesar-di-indonesia
Jenkins, R. (2017). Four Reasons Generation Z will be the Most Different Generation. Dapat diakses melalui: https://blog.ryan-jenkins.com/2017/01/26/4-reasons-generation-z-will-be-the-most-different-generation
Kronos Incorporated. 2019. Full Report: Generation Z in The Workplace.
https://workforceinstitute.org/wp-content/uploads/2019/11/Full-Report-Generation-Z-in-the-Workplace.pdf
Przybylski, A. K., Muryama, K., Dehaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, Emotional, and Behavioral Correlates of Fear of Missing Out. Computer in Human Behavior , 1841-1848.
Rakhmah, D.N. (2021). Gen Z Dominan, Apa Maknanya bagi Pendidikan Kita? Dapat diakses melalui: https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita
Sulaiman, M. R & Bahtiar, A.R (2021). Survei: Gen Z Rentan Alami Masalah Kesehatan Jiwa Karena Pandemi Covid-19. Dapat diakses melalui: https://www.suara.com/health/2021/06/28/161920/survei-gen-z-rentan-alami-masalah-kesehatan-jiwa-karena-pandemi-covid-19
Tulgan, B. (2013). Meet Generation Z: The Second Generation within The Giant Millenial Cohort. Dapat diakses melalui: https://grupespsichoterapija.lt/wp-content/uploads/2017/09/Gen-Z-Whitepaper.pdf
Widyananda, R. F (2020). Pengertian Gen Z serta Karakteristiknya Ketahui agar Tak Keliru. Dapat diakses melalui: https://www.merdeka.com/jatim/pengertian-gen-z-serta-karakteristiknya-ketahui-agar-tak-keliru-kln.html
Wisnubrata. (2021). Mengenal Generasi XYZ dan Karakteristik Khasnya. Dapat diakses melalui: https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/11/101112720/mengenal-generasi-xyz-dan-karakteristik-khasnya?page=all
Young, K. S., & Abreu, C. N. (2011). Internet Addiction: A Handbook and Guide to Evaluation and Treatment. John Wiley & Sons, Inc
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.