PERSPEKTIF AKSIOLOGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Etika Sari, Sudjarwo Sudjarwo, Muhammad Nurwahidin

Abstract


Motivasi dapat dimaknai sebagai keinginan atau dorongan yang kuat bagi seseorang untuk memenuhi rasa keingintahuan atau berbuat sesuatu bagi dirinya. Sedangkan belajar merupakan suatu kegiatan manusia melakukan perubahan untuk memperbaiki kualitas hidupnya, dari tidak mengetahui suatu hal menjadi tahu dan dapat menggunakan pengetahuan baru itu untuk memenuhi kepentingannya. Maka dari itu, motivasi belajar dinyatakan sebagai suatu bentuk dorongan internal dari pembelajar untuk melakukan perubahan pada hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami motivasi belajar siswa dan juga melihat hakikatnya dalam pandangan aksiologi sebagai salah satu cabang ilmu filasafat. Penelitian ini berbentuk penelitian kajian literatur. Sumber literatur diambil dari data untuk periode 10 tahun terakhir. Berdasarkan hasil analisis literatur ditemukan kesimpulan bahwa motivasi mempunyai peranan penting dalam perkembangan proses belajar dan juga hasil belajar siswa. Dilihat dari jenisnya, motivasi terdiri dari motivasi instrinsik dan ekstrinsik. Sementara dalam perspektif aksiologi motivasi dapat dilihat dari sisi subyektivisme dan obyekstivisme nilai manfaatnya.


Full Text:

PDF

References


Paulus, Wahana. (2016). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Diamond

Utama, I Gusti Bagus Rai. (2013). Filsafat Ilmu dan Logika. Badung, Bali: Universitas Dhyana Pura

Fauziah, Amni. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga kota Tangerang. Jurnal JPSD 4(1), 48-53.

Sumarto (2017). Filsafat Ilmu. Jambi: Pustaka Ma’arif Press

Emda, Amna. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal 5(2), 93-196.

Harahap, Neni Fitriana. (2021). Analisis artikel metode motivasi dan fungsi motivasi belajar siswa. Intelectual Journal of Intellectual Publication 1(3), 198-203.

Sanprayogi, Maria. (2017). Aksiologi filsafat ilmu dalam pengembangan keilmuan. Al Murrabi 4(1), 105-120.

Alderman, M. Kay. (2004). Motivation for achievement. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publishers

Tumanggar, R. O., & Sudaryanto, C. (2017). Pengantar filsafat. Yogyakarta: PT Kanisius

Sriyanti, Lilik. (2011). Psikologi belajar. Salatiga: STAIN Salatiga Press

Gunarsa, Singgih D. (2008). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta: Gunung Mulia

Ross, Brian H. (2013). The psychology of learning and motivation. Waltham, MA: Elsevier Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:
The building I Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia