Template
Program Kreativitas Anak Menggunakan Media Totebag
Abstract
Children who study the Koran at the TPA often feel bored, especially when memorization activities are hampered by the lack of participants. To overcome boredom and increase their creativity, a tote bag making program was designed as an interesting and educational innovation. Tote bags, or handbags, were chosen as a simple medium to train children's art and craft skills. This Community Service Program (PkM) was implemented at the Nurul Amin Mosque TPA, Yosorejo District, with the main objective of increasing creativity, teaching the value of cooperation, and building a sense of ownership of their work. This activity involved a participatory method, with the main participants being the TPA children. Data were collected through observation, interviews, and documentation, then analyzed descriptively to measure the results of the participants' skills and enthusiasm. The results of the program showed that the children succeeded in making tote bags with creative designs, reflecting their increased art skills. Participants also showed high enthusiasm, indicating reduced boredom and increased involvement. This program also encouraged good social interaction among children. The success of this activity is proof that the participatory method can be a model for other community empowerment programs.
Keywords: creativity; media; totebag
Abstrak
Anak-anak yang mengaji di TPA sering merasa bosan, terutama saat kegiatan hafalan terkendala minimnya kehadiran peserta. Untuk mengatasi kejenuhan dan meningkatkan kreativitas mereka, program pembuatan tote bag dirancang sebagai inovasi yang menarik sekaligus mendidik. Tote bag, atau tas jinjing, dipilih sebagai media sederhana untuk melatih keterampilan seni dan kerajinan anak-anak. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan di TPA Masjid Nurul Amin, Kecamatan Yosorejo, dengan tujuan utama meningkatkan kreativitas, mengajarkan nilai kerja sama, dan membangun rasa kepemilikan terhadap karya mereka. Kegiatan ini melibatkan metode partisipatif, dengan peserta utama adalah anak-anak TPA. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mengukur hasil keterampilan dan antusiasme peserta. Hasil program menunjukkan anak-anak berhasil membuat tote bag dengan desain kreatif, mencerminkan peningkatan keterampilan seni mereka. Peserta juga menunjukkan antusiasme yang tinggi, menandakan berkurangnya kejenuhan dan meningkatnya keterlibatan mereka. Program ini juga mendorong interaksi sosial yang baik di antara anak-anak. Keberhasilan kegiatan ini menjadi bukti bahwa metode partisipatif dapat menjadi model untuk program pemberdayaan masyarakat lainnya.
Kata Kunci: kreativitas; media; totebag
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adi Alam, R. N. (2020). Pemberdayaan Masyarakat melalui Kegiatan Pembekalan Pembuatan Produk Totebag di Kampung Krukut Rt. 02 Rw. 01. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (pp. 1 - 6). Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Faathimah Zamrudul Jannah, R. P. (2022). Pelatihan Pembuatan Ecoprint Pada Tote Bag Di Rw 03 Kelurahan Pasar Kliwon. Proceeding Biology Education Conference. 19, pp. 149 - 154. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Kardiana Metha Rozhana, R. A. (2023). Pelatihan Mengolah Motif Totebag Dengan Teknik Ecoprintuntuk Siswa SD. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 81 - 87.
KBBI. 2007. “Pengertian Tote Bag:Perancangan Media Tote Bag Lukis”. Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni. Medan.
Nurul Farida, S. W. (2020). Pembuatan Kantong Kain “Tote Bag” Sebagai Pengganti Kantong Plastik Pada Pemuda Wirausaha Blitar. Jurnal Graha Pengabdian, 2(4), 296 - 304.
Ujik Nur Asiah, R. P. (2023). Pelatihan Menghias Tote Bag Menggunakan Daun Di Sekitar Rumah Untuk Mendorong Produktivitas Desa Tuirejo Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Kanigara, 3(1), 82 - 88.
Yulyar Kartika W, E. D. (2023). Kreatifitas Dan Inovasi Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Tote Bag. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional, 3(4), 10 -17.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas Lampung. All rights reserved. p-ISSN 2807-2251| e-ISSN 2798-9453