PELATIHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF DENGAN LIVE STREAMING BAGI GURU MATEMATIKA SMP KOTA METRO

Sri Hastuti Noer, Widyastuti Widyastuti, Mella Triana, Pentatito Gunowibowo

Abstract


Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas menghadirkan tantangan baru bagi guru matematika untuk memberikan pengalaman yang setara kepada siswa baik yang hadir di sekolah maupun yang belajar secara virtual. Live stream sebagai proses transfer data melalui tahapan yang kompleks, menuntut pengetahuan dan keterampilan guru dalam penggunaan perangkat teknologi, pengembangan konten, perekaman konten, juga penyiaran secara langsung dengan media tertentu sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unila sebagai LPTK, memiliki tanggung jawab untuk membantu guru-guru meningkatkan kompetensi dirinya. Demikian pula Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Pendidikan, memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kompetensi guru-guru di wilayahnya, menjadikan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat berjalan dengan baik. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan melalui 4 tahapan kegiatan yaitu (1) persiapan, (2) pemaparan materi oleh narasumber terkait teknologi minimal untuk live stream pembelajaran, (3) pendampingan teknis pelaksanaan live stream pembelajaran, dan (4) pelaporan. Evaluasi yang dilakukan adalah pretest untuk mengetahui pemahaman awal peserta dan posttest untuk mengetahui tingkat keberhasilan kegiatan ini. Untuk mengetahui peningkatan keterampilan guru. Berdasarkan hasil analisis, rekapitulasi hasil n-gain pemahaman guru tentang implementasi live streaming dalam pembelajaran, disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan guru gain terkategori sedang. Dengan demikian, kegiatan ini cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru untuk melaksanakan pembelajaran interaktif dengan menggunakan live streaming.


Keywords


live streaming; matematika; pembelajaran interaktif

Full Text:

PDF

References


Hake, R. (1999). Analizing Change/Gain Scores. [Online]. Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf.

Irvani, A. I., Warliani, R., & Amarulloh, R. R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PkM MIFTEK, 1(1), 29–41.

https://doi.org/10.33364/miftek/v.1-1.35

Kashyap, A. M., Sailaja, S. V., Srinivas, K. V. R., & Raju, S. S. (2021). Challenges in online teaching amidst covid crisis: Impact on engineering educators of different levels. Journal of Engineering Education Transformations, 34(Special Issue).

https://doi.org/10.16920/jeet/2021/v34i0/157103

Li, A., Harries, M., & Ross, L. F. (2020). Reopening K-12 Schools in the Era of Coronavirus Disease 2019: Review of State-Level Guidance Addressing Equity Concerns. Journal of Pediatrics, 227. https://doi.org/10.1016/j.jpeds.2020.08.069

Meltzer, D.E. (2002). Addendum to: The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostics Pretest Scores. [On Line]. Tersedia: http://www.physics.iastate.edu/per/docs/Addendum_on_normalized_gain

Muzakkir, Astuti, FH., Tamba, W., Ahmad, M., dan Luktitasari, D. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi untuk Menunjang Pembelajaran Berbasis TIK di Madrasyah Aliyah Nurul Wahyi Nw Mujur Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Cahaya Mandalika. 1(1).

Myori, D. E., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV: Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, 5(2), 102–109.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. 2020. Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh. 4 (2), 30-36.

Pritama, AD., Faruqi, SH., & Anizza, SR. (2021). Pelatihan Multicam Live streaming Kepada Siswa dan Tenaga Kependidikan Di SMKN 1 Binangun Cilacap. Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 10 (1), 51-58.

Yadav, R. (2021). Cyber Security Threats During Covid-19 Pandemic. International Transaction Journal of Engineering Management & Applied Sciences & Technologies, 12(3)

Zakharova, U. S., Vilkova, K. A., & Egorov, G. V. (2021). It Can’t Be Taught Online: Applied Sciences Students during the Pandemic. Voprosy Obrazovaniya, 2021(1). https://doi.org/10.17323/1814-9545-2021-1-115-137


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: 

    

 

 

Creative Commons License

Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas LampungAll rights reservedp-ISSN 2807-2251e-ISSN 2798-9453