PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA AUDIOVISUAL BAGI GURU-GURU KIMIA SMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Ratu Betta Rudibiyani, Nina Kadaritna, Tasviri Efkar, Emmawaty Sofya, Atika Agustina, Febriyola Kurnia Utami

Abstract


Perpindahan sistem belajar konvensional ke sistem daring secara tiba-tiba (karena pandemi covid-19) tanpa persiapan yang matang menyebabkan sejumlah guru tidak mampu mengikuti perubahan dengan pembelajaran berbasis teknologi dan informasi (Asmuni, 2020). Hal ini tentu sangat menghawatirkan dikarenakan perkembangan TIK memberikan pengaruh yang signifikan terhadap bagaimana proses pembelajaran siswa, khususnya efektivitas pembelajaran, efisiensi waktu dan fasilitas pendukung pembelajaran lainnya (Harjono, 2017). Waktu pembelajaran yang dipersingkat menjadi 2 x 30 menit membuat siswa kurang memahami konsep yang disampaikan. Oleh karena itu diperlukan media yang dapat memecahkan masalah tersebut. Salah satu usaha yang akan diberikan oleh Tim Dosen FKIP adalah memberi pelatihan membuat media audiovisual berupa video pembelajaran kepada guru kimia. Selama ini, guru kimia belum pernah mendapat pelatihan membuat media audiovisual berupa video pembelajaran (lebih dari 70%, hasil pretes). Video sebagai media audiovisual yang mempunyai unsur gerak akan mampu menarik perhatian dan motivasi siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan dan ketrampilan guru kimia berupa pelatihan membuat media audiovisual umumnya dan media audiovisual berbasis problem solving. Sebelum pelatihan dimulai peserta diberi pretes dan sesudah pelatihan diberi postes. Setelah mengikuti kegiatan pelatihan terdapat peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta sebesar 75 % dalam membuat media audiovisual.


Keywords


media; audiovisual; problem solving

Full Text:

PDF

References


Kristina, A. 2020. Perbedaan Pemahaman Konsep Sistem Koloid Antara Pembelajaran Menggunakan Peta Konsep Dengan Peta Pikiran Pada Siswa Kelas XI MIPA MAN Kota Palangka Raya Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(2).

Redecker, C., Leis, M., Leendertse, M., Punie, Y., Gijsbers, G., Kirschner, and Hoogveld, B. 2011. The future of learning: Preparing for change. Luxembourg: Publications Office of the European Union.

Sari, A. K., dan Trisnawati, W. W. 2019. Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: 

    

 

 

Creative Commons License

Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas LampungAll rights reservedp-ISSN 2807-2251e-ISSN 2798-9453