PELATIHAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS BLENDED LEARNING BAGI GURU-GURU TK DAN SD DI BANDAR LAMPUNG DI MASA PANDEMI COVID-2019

Patuan Raja, Flora Flora, Rafista Deviyanti, Khairun Nisa

Abstract


Abstrak

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia di tahun 2020 yang hingga saat ini masih berlangsung berdampak sangat kuat ke semua sektor, tidak terkecuali sektor pendidikan. Pembelajaran Online mau tidak mau menjadi salah satu alternatif yang harus dijalankan oleh pemangku kebijakan untuk terus dapat melanjutkan kegiatan belajar mengajar. Saat ini, dengan dimulainya pembelajaran tatap muka terbatas, maka guru tetap harus memanfaatkan teknologi untuk menggabungkan pembelajaran Online dan Offline yang juga lebih dikenal dengan Blended Learning. Pengabdian ini menggunakan metode pelatihan dan dilaksanakan secara Online dan Offline. Sasaran dari kegiatan ini adalah guru SD dan TK yang mengajar Bahasa Inggris di kota Bandar Lampung. Berdasarkan hasil dari kegiatan ini, lebih dari 85% peserta mampu mengaplikasikan Google Classroom dan juga Zoom Meeting. Selain itu, peserta juga mampu membuat materi pembelajaran Bahasa Inggris bagi anak-anak yang dapat diaplikasikan baik secara Online maupun Offline.

Kata Kunci: bahasa inggris; blended learning; guru; SD; TK

 

Abstract

The Covid-19 pandemic that hit the whole world in 2020, which is still occuring, has had a tremendous impact on all sectors, including the education sector. Online learning inevitably becomes one of the alternatives that must be carried out by policy makers to allow teaching and learning activities to continue. Currently, with the start of limited face-to-face learning, teachers still have to utilize technology to combine online and offline learning, which is also known as Blended Learning. This service uses training methods and is carried out online and offline. The target of this activity is elementary and kindergarten teachers who teach English in the city of Bandar Lampung. Based on the results of this activity, more than 85% of participants were able to apply to Google Classroom and also Zoom Meeting. In addition, participants are also able to create English learning materials for children that can be applied both online and offline.

Keywords: blended learning; elementary school; english; kindergarten; teachers


Keywords


bahasa inggris; blended learning; guru; SD; TK

Full Text:

. PDF

References


Ahmad, Perwira Negara, H. R., Ibrahim, M., & Etmy, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 66–79.

Chomsky, N. (1999). On Nature, Use, and Acquisition of Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Fitriana, N. (2017). Mata Kuliah Pemisahan Kimia Materi Kromatografi Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar. Journal of Educational Innovation, 4(1), 46–54.

Kominfo.2014.https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3836/98+Persen+Anak+dan+Remaa+Tahu+Internet/0/berita_satker

Lestari, Ria. (2018). Blended Learning: Solusi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed.

Martiarini & Lestari. 2021. Sosialisasi Blended Learning dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) 3 (4), 326-334

Nakayama, Minoru; Kouichi Mutsuura; Hiroh Yamamoto (2014). “Impact of Learner's Characteristics and Learning Behaviour on Learning Performance during a Fully Online Course” in The Electronic Journal of e-Learning , 12 (4), 394-408.

Ningsih, Y. L., Misdalina, M., & Marhamah, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Metode Statistika Melalui Pembelajaran Blended Learning. Al- Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 155.

Nugraha, N. B., Sellyana, A., & Suhaidi, M. (2019). Pelatihan E-Learning Pada Guru Sma IT Plus Bazma Brilliant. 2(2), 127–132.

Shin, J. K. (2000). Teaching English to Young Learners. University of Maryland, Baltimore County.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: 

    

 

 

Creative Commons License

Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas LampungAll rights reservedp-ISSN 2807-2251e-ISSN 2798-9453