Template
PELATIHAN PENUYUSUNAN LKS BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING BAGI GURU IPA SMP
Abstract
Model pembelajaran berbasis proyek atau project based learning (PjBL) merupakan model pembelajaran di mana siswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan melalui suatu proyek dalam jangka waktu tertentu, untuk menyelidiki dan menanggapi pertanyaan kompleks. Pada model ini, pembelajaran dirancang berdasarkan masalah kehidupan nyata dan bersifat ill-structured, sehingga siswa menjadi terdorong lebih aktif dalam belajar dan kreativitas siswa menjadi berkembang. Akan tetapi faktanya kemampuan guru dalam menerapkan model ini relatif rendah. Untuk itu perlu dilakukan pelatihan penyusunan LKS berbasis model PjBL. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah meningkatkan pemahaman guru IPA tentang model PjBL, dan keterampilan guru IPA dalam menyusun LKS berbasis PjBL. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan pendampingan. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung G FKIP Universitas Lampung. Sasaran dari kegiatan ini adalah guru-guru IPA yang tergabung dalam MGMP IPA Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan. Model evaluasi program yang digunakan adalah model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP). Berdasarkan hasil evaluasi, dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan pemahaman guru tentang model PjBL, hal ini terlihat dari peningkatan nilai postes dibandingkan nilai pretes dengan n-gain rata-rata sebesar 0,88 (kategori tinggi); dan meningkatnya keterampilan guru dalam menyusun LKS berbasis model PjBL
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Danczak, S.M., Thompson, C.D., & Overton, T.L. 2020. Development and validation of an instrument to measure undergraduate chemistry students’critical thinking skills, Chemistry Education Research and Practice, 21 (1): 62–78.
Diawati, C., Liliasari, Setiabudi, A., & Buchari .2017. Students’ construction of a simple steam distillation apparatus and development of creative thinking skills: A project-based learning, Proceedings of the 3rd International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education, (pp 1–6), Bandung, Indonesia.
------------.2018. Using Project-Based Learning to Design, Build, and Test Student-Made Photometer by Measuring the Unknown Concentration of Colored Substances, Journal of Chemical Education, 95(3): 468–475.
Diawati, C., Fadiawati, N., Syamsuri, M.M.F. 2019. Pengembangan Profesionalitas Guru Kimia SMA Se-Provinsi Lampung Melalui Pelatihan Penyusunan Program Pembelajaran Berbasis Masalah, Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Skema Unggulan, Universitas Lampung (Tidak Diterbitkan).
Djamarah, S., & A. Zain. 2000. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Fadiawati, N., Diawati, C., & Syamsuri, M.M.F. 2019. Constructing A Simple Distillation Apparatus From Used Goods By Using Project-Based Learning, Periódico Tchê Química,16 (32): 207‒213.
Fadiawati, N., & Syamsuri, M.M.F. 2018. Perancangan Pembelajaran Kimia, Yogyakarta: Graha Ilmu
Gülbahar, Y., & Tinmaz, H. 2006. Implementing Project-Based Learning And E- Portfolio Assessment In An Undergraduate Course, Journal of Research on Technology in Education, Volume 38 (3): 309-327.
Hake, R.R. 1998. Interactive-engagement versus traditional methods: a six thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses, American Journal of Physics, 66 (1): 64-74
Insani, N., Fadiawati, N., Rudibyani, R.B., Syamsuri, M.M.F. 2018. Using Project-Based Learning in Improving Students' Critical Thinking Skills to Separate of Mixtures, International Journal of Chemistry Education Research, 2 (2): 85–89.
Johnson, J. E. 2014. The Implementation of Project-Based Learning (PjBL) in an Earth Science Classroom: The Effectiveness of PjBL in Teaching Students about Sustainable Energy, Education and Human Development Master's Theses, Paper 516.
Mihardi, S., Harahap, M. B., & Sani, R. A. 2013. The Effect of Project Based Learning Model with KWL Worksheet on Student Creative Thinking Process in Physics Problems, Journal of Education and Pratice, 188-200.
Mühlfelder, M., Konermann, T., & Bordchard, L.M. 2015. Design, imple- mentation, and evaluation of a tutor training for problem based learning in undergraduate psychology courses, Journal of Problem-based Learning in Higher Education, 3(2): 37–61.
Nurisalfah, R., Fadiawati, N., & Jalmo, T. 2018. Enhancement of students’ creative thinking skills on mixture separation topic using project based student worksheet. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1013, No. 1, p. 012085). IOP Publishing.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah.
Roehati, E., E. Widjajanti, & R. Padmaningrum. 2009. Pengembangan Lembar Kerja
Siswa (LKS) Mata Pelajaran Sains Kimia untuk SMP, Jurnal Inovasi Pendidikan. 10 (1): 1-11.
Tayibnafis, F.Y. 2000. Evaluasi Program, Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta:
Prestasi Pustaka.
Triling, B. & Fadel, C. 2009. 21st Century Skills Learning for Life in Our Times. San Francisco, CA., John Wiley & Sons.
Ulfa, M., Fadiawati, N., & Diawati, C. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran oleh Limbah Detergen dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia Universitas Lampung, 7(2): 1–15.
Zhang, G., Zeller, N., Griffith, R., Metcalf, D., Williams, J. Shea, C., & Missuls, K. 2011. Using the Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) as a Comprehensive Framework toGuide the Planning, Implementation, and Assessment of Service-learning Programs, Journal of Higher Education Outreach and Engagement, 15(4): 57‒84.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas Lampung. All rights reserved. p-ISSN 2807-2251| e-ISSN 2798-9453