PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA AUDIO VISUAL MATEMATIKA BAGI GURU SD KOTA BANDAR LAMPUNG

Sugeng Sutiarso, Nurhanurawati Nurhanurawati, Nurain Suryadinata, M. Coesamin

Abstract


Matematika merupakan salah satu pelajaran yang materinya memiliki karakteristik tertentu bila dibandingkan dengan pelajaran lain. Karakteristik tertentu tersebut seperti materinya bersifat abstrak, logis, sistematis, dan menggunakan simbol yang bersifat universal. Karakteristik inilah yang menjadi salah satu faktor matematika sulit dipahami siswa, apalagi siswa SD (sekolah dasar). Untuk membantu kesulitan siswa tersebut maka perlu pemanfaatan media pembelajaran sebagai sarana yang memudahkan belajar siswa, seperti media audio visual. Tujuan kegiatan pengabdian adalah meningkatkan penge-tahuan guru SD tentang media-visual matematika, dan keterampilan guru SD dalam membuat media audio visual matematika. Sasaran kegiatan pengabdian adalah guru SD yang mengajar matematika di Kota Bandar Lampung sebanyak 32 orang. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama 6 hari, yaitu 1 hari untuk penyampaian materi/teori (Sabtu, 9 Oktober 2021, dilaksanakan di ruang kuliah G9, Gedung G FKIP Universitas Lampung) dan 5 hari untuk pembimbingan praktek (Senin-Jumat, 11-15 Oktober 2021, dilaksanakan secara daring/online). Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah (1) meningkatknya pengetahuan guru SD dalam membuat media audio visual dengan N-Gain sebesar 0,88 (rata-rata skor pretes: 46,95; dan rata-rata skor postes: 95,08), dan (2) meningkatnya keterampilan guru SD dalam membuat media audio visual; hal ini ditunjukkan oleh media audio visual yang dihasilkan guru.

 

Kata Kunci: guru SD; matematika; media audio visual


Keywords


guru SD; matematika; media audio visual

Full Text:

PDF

References


Agustina, L. (2015). Pengaruh penggu-naan media visual dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Formatif , 1(3), 236-246 .

Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari sudut pandang teori hirarki kebu-tuhan Maslow, teori dua faktor Herzberg, teori x y Mc Gregor, dan teori motivasi prestasi Mc Clelland. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen , 2(1), 45-54.

Ani, R. A. (2020). Evaluasi pembel-ajaran online matematika . Metro: IAIN Metro.

Arita, S. P. (2017). Penggunaan media visual pada mata pelajaran matematika dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III. Pionir Jurnal Pendidiokan , 6(2), 1-14.

Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir. (2020). Kesulitan guru pada pem-belajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education , 142 -148 .

Hasana, S. N., & Alifiani. (2018). Efek-tifitas penggunaan multimedia menggunakan visual Basic for application (VBA) dalam pembel-ajaran matematika ekonomi pada mahasiswa program studi pendi-dikan. Jurnal Ketahanan Pangan , 2(2), 208 - 216.

Howard. (1964). An introduction to the history of mathematics. USA: Holt, Rinehart, & Winston Inc.

Karimah, A. A., Rusdi, & Fachruddin, M. (2017). Efektifitas media pembelajaran matematika mengguna-kan software animasi berbasis multimedia interaktif model tu-torial pada materi garis dan sudut untuk siswa SMP/Mts kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), , 1(1), 9-13.

Muhsetyo, G. (2008). Pembelajaran Matematika SD (Modul I). Jakarta: Universitas Terbuka.

Prasetia, F. (2016). Pengaruh media au-dio visual terhada hasil

belajar matematika. JKPM, 1(2), 257–266.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: Studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia (hal. 224-232). Semarang: Himpsi.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan , 2(2), 103-114.

Toheri, & A, A. (2012). Pengaruh peng-gunaan media belajar audio visual terhada hasil belajar siswa mata pelajaran matematika ada pembahasan dimensi tiga. EduMa, 1(2), 48-54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: 

    

 

 

Creative Commons License

Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas LampungAll rights reservedp-ISSN 2807-2251e-ISSN 2798-9453