Bimtek Pengembangan Soal Berstandar TIMSS/ PISA Bagi Guru IPA Se- Kabupaten Tanggamus

Undang Rosidin, Dina Maulina, M Setyarini, Dimas Permadi, Nina Kadaritna

Abstract


Kegiatan bimtek ini bertujuan untuk: (1) memberikan keterampilan kepada guruguru IPA di Kabupaten Tanggamus dalam mengembangkan bank soal kemapuan literasi berstandar TIMS/PISA; (2) memberikan keterampilan kepada guru-guru IPA di Kabupaten Tanggamus dalam mengembangkan bank soal kemapuan numerasi berstandar TIMS/PISA; (3) memberikan keterampilan kepada guru-guru IPA di Kabupaten Tanggamus dalam mengembangkan bank soal kemapuan sains berstandar TIMS/PISA. Peserta kegiatan bimtek ini adalah guru IPA di Kabupaten Tanggamus. Peserta pelatihan, panitia, dan narasumber melakukan kegiatan dengan menerapkan protocol pencegahan covid-19 yaitu menjaga jarak aman 1,5-2 meter dan menggunakan masker/faceshield. Evaluasi keberhasilan pelatihan akan dilakukan pada: (1) Awal kegiatan, yaitu pretes, untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta bimtek tentang asesmen, PISA/TIMSS, literasi sains dan numerasi, serta analisis butir soal; (2) akhir kegiatan yaitu postes, berisikan pertanyaan yang sama dengan tes awal, untuk mengetahui tingkat keberhasilan, sehingga dapat diterapkan oleh setiap peserta. Berdasarkan hasil pretes dan postes diketahui terdapat peningkatan pemahaman guru dengan kategori sedang (Ngain = 0,42). Berdasarkan hasil feedback yang diberikan peserta diharapkan dilaksanakan kegiatan lanjutan dari kegiatan pelatihan ini.


Keywords


bank soal, Guru IPA, PISA, TIMSS.

Full Text:

PDF

References


Gabel, D.L. (1993). Handbook of Research on Science Teaching and Learning. New York: Maccmillan Company.

Gormally, C., dkk. (2012). Developing a Test of scientific literacy Skills (TOSLS): Measuring Undergraduates Evaluation of Scientific Information and Arguments. Journal: CBE Life Sciences Education, 11, Winter 2012,

- 377.

Hernawati, D., Maulina, D., Fitriani, R., & Rizal, R. P. (2020). Bio-literacy perspective: A study of the implementation of outdoor learning-based science process skills in plant introduction. Jurnal Bioedukatika. Vol 8(1): 31 – 37.

Kadaritna, N., Rosidin, U., Sari, N. N., Rakhmawati, I. (2020 a). Identification of Scientific Literation of Elementary School Students in Central Lampung District. Jurnal Pendidikan Progresif Volume 10 Nomor 1 pp 133-145.

Kadaritna, N., Rosidin, U., Widyastuti. (2020 b). Mathematical Literacy Abilities: Study on Elementary and Junior High School Students in Lampung Tengah Regency in Term of Gender. Jurnal Pendidikan Progresif Volume 10 Nomor 2 pp 162-172.

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Tim GLN Kemendikbud.

Kumano, Y. (2001). Authentic Assessment and Portofolio Assessment-Its Theory and Practice. Japan: Shizuoka University. Mardapi, D. 2012. Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Yuha Medika.

OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. Paris: OECD

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Raymond, A.J. & Siek-Toon, K. 1996. Quest. The Interactive Test Analysus system. The Australian Council for Educational Research.

Rosidin, U. 2017 Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Setiawan, H., Dafik, & Lestari, N. (2014). Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Sujana, A., Permanasari, A., Sopandi, W., Mudzakir, A. (2014). Literasi Kimia Mahasiswa PGSD dan Guru IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3 (1) (2014) 5-11

Sumintono, B. 2014. Model Rasch untuk penelitian sosial kuantitatif.

Surangga, I Made Ngurah. (2017). Mendidik Lewat Literasi untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu Volume 3 Nomor 2 hal 154-163

Triana, M., Widyastuti, Siregar, E. (2020). High School Mathematics Teachers’ Ability in Developing Mathematical Literacy Instrument: A Study in East Lampung Regency. Jurnal Pendidikan MIPA 21 (1), 2020, 35-48

Uno, H. B. & Koni, S. (2012). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Wenning, C. J. (2007). Assessing Inquiry Skills as A Component of Scientific Literacy. Journal Physics Teacher Education Online 2 (3): 6


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: 

    

 

 

Creative Commons License

Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas LampungAll rights reservedp-ISSN 2807-2251e-ISSN 2798-9453