PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU-GURU BIOLOGI SMA MELALUI MEDIA VIDEO TUTORIAL DALAM REMEDIAL TEACHING

Berti Yolida, Rini Rita T. Marpaung, Wisnu Juli Wiono, Median Agus Priadi

Abstract


ABSTRAK

 

Guru sebagai tenaga pengajar dan pendidik dituntut untuk mampu merencanakan, melaksanakan, melakukan evaluasi, dan harus terampil dalam membuat dan memanfaatkan media pembelajaran. Salah satu kegiatan pembelajaran adalah Remedial Teaching. Remedial teaching merupakan kegiatan pembelajaran bagi siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntusan Minimal (KKM). Siswa yang belum tuntas umumnya pada materi yang berbeda-beda antara siswa satu dan yang lainnya. Hal ini menjadi kendala bagi guru dalam pelaksanakan kegiatan remedial teaching. Untuk itu guru harus memanfaatkan media pembelajaran. Guru-guru Biologi SMA di Kabupaten Tulang Bawang Barat baik guru SMA Negeri maupun swasta selama ini belum terampil dalam membuat media pembelajaran serta memanfaatkannya khsusnya dalam remedial teaching. Oleh karena itu perlu adanya pelatihan terhadap guru-guru dengan tujuan meningkatkan keterampilan dan pemahaman guru-guru Biologi SMA di Kabupaten Tulang Bawang Barat dalam membuat media pembelajaran dan memahami strategi memanfaatkan media dalam remedial teaching. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, demonstrasi,dan praktik membuat media video tutorial, serta evaluasi. Hasil pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan yang dilakukan dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru-guru dalam membuat media video tutorial dan implementasinya dalam pembelajaran remedial teaching. Semua guru mampu membuat dan menyelesaikan produk berupa media video tutorial dengan baik.

 


Keywords


Media, Remedial Teaching, Video Tutorial

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Cetakan ke-15. Jakarta: Rajawali Pers.

Maharani, I N dan Luthpi S. (2016). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Berbasis IT Bagi Guru-Guru SMA Daarul Faalah Cisaat Kabupaten Sukabumi. Jurnal Surya: Seri Pengabdian kepada Masyarakat. 2 (1): 113-118.

Mufarokah, A. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: TERAS.

Selamet. (2015). Pembelajaran remedial untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Jurnal An-Nuha 2 (1): 1.

Sholihah, N. (2008). Implementasi Program Remedial Teaching dalam Mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM) Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Jenderal Sudirman Kota Malang. Malang: Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.

Susilana, R dan Cepi R. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas LampungAll rights reservedp-ISSN 2807-2251e-ISSN 2798-9453