PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KINERJA PADA PRAKTIKUM PEMISAHAN CAMPURAN

Gusti Ayu Putu Tiana Lestari, Noor Fadiawati, Lisa Tania

Abstract


This research which used Research and Development method was conducted with the aims to develop the instrument of performance assessment on the experiment activity of mixture separation and to describe teachers responses about it. The research implementation steps were research and collecting the information, planning, developing of preliminary product, preliminary field testing, and main product revision. The characteristics of developed performance assessment instrument were consist of task and the scoring rubric of the most important assessed performance with scoring method that it could help the teachers to solve difficulties when scoring the performance of students simultaneously. The percentage of teachers responses about the product usability, construction, and readability aspect from developed product were 92,00%, 98,09%, and 95,11% respectively. The teachers responses of it was in best criteria.

Penelitian ini telah dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen kinerja pada praktikum pemisahan campuran dan mendeskripsikan tanggapan guru. Tahap pelaksanaan dari penelitian ini yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, dan revisi hasil uji coba. Karakteristik dari instrumen asesmen kinerja yang dikembangkan yaitu terdiri dari tugas dan rubrik penilaian dari kinerja yang paling penting untuk dinilai dengan metode penilaian yang bisa membantu guru dalam mengatasi kesulitannya ketika menilai kinerja seluruh siswa secara bersamaan. Persentase tanggapan guru terhadap aspek keterpakaian produk, konstruksi, dan keterbacaan dari produk yang dikembangkan berturut-turut adalah 92,00%, 93,33% dan 95,11%. Tanggapan guru tersebut termasuk dalam kriteria sangat baik.

Kata kunci: asesmen kinerja, pemisahan campuran, pengembangan instrumen asesmen


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedelapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hathcoat, J. D. 2012. Generalizability of Student Writing across Multiple Tasks: A Challenge for Authentic Assessment. Research and Practice in Assessment, 7: 16-28.

Herrmann, C. F. and DeBoer, G. E. 2011. Using distractor-driven standards-based multiple-choice assessments and Rasch modeling to investigate hierarchies of chemistry misconceptions and detect structural problems with individual items. Journal of Chemistry Education Research and Practice, 12 : 182-192.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Desertai dengan Contoh. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ningtyas, F. K., Agustini, R. 2014. Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Siswa untuk Mengases Keterampilan Proses dalam Praktikum Senyawa Polar dan Nonpolar Kelas X SMA. UNESA Journal of Chemical Education, 3 (3), 169-175.

Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Sari, R. L. P. 2010. Pengembangan Instrumen Performance Assessment Sebagai Bentuk Penilaian Berkarakter Kimia. Prosiding Seminar Nasional FMIPA UNY. (Online), (http://www.scribd.com/ mobile/doc/196424077/Makalah-Semnas-MIPA-2010-Pengembangan-Instrumen-Performance-Assessment-Sebagai-Bentuk-Penilaian-Berkarakter-Kimia), diakses 12 Agustus 2015.

Strecher, B. 2010. Performance Assessment in An Era Of Standards Based Educational Accountablility. Stanford CA: Stanford University, Stanford Center for Opportunity Policy in Education.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sukmadinata, N. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunarti dan Rahmawati, S. 2014. Penilaian Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Uno, H. B. dan Koni S. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wenzel, T J. 2007. Evaluation Tools To Guide Students Peer-Assessment and Self-Assessment in Group Activities for the Lab and Classroom. Journal of Chemical Education, 84 (1), 182-186.

Wulan, A. R. 2007. Penggunaan Asesmen Alternatif pada Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi: Perkembangan Biologi dan Pendidikan Biologi untuk Menunjang Profesionalisme. Universitas Pendidikan Indonesia: Mei. 381-383.

Wulan, A. R. 2008. Skenario Baru bagi Implementasi Asesmen Kinerja pada Pembelajaran Sains di Indonesia. Jurnal Mimbar Pendidikan, 32 (3), 1-11.

Wulan, A. R. 2009a. Kemampuan Calon Guru Biologi dalam Menyusun Rubrik Analitis pada Asesmen Kinerja Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA. Universitas Negeri Yogyakarta: 16 Mei. 287-291.

Wulan, A. R. 2009b. Teknik-teknik Asesmen yang Dikembangkan dalam Pendidikan Guru Biologi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA. Universitas Negeri Yogyakarta: November. 292-298.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.