PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KINERJA PADA PRAKTIKUM PENGARUH KONSENTRASI TERHADAP LAJU REAKSI
Abstract
Penelitian dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan ini telah dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen kinerja pada praktikum pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi, mendeskripsikan karakteristik dan respon guru kimia terhadap produk hasil pengembangan. Instrumen asesmen kinerja yang dikembangkan memiliki karakteristik: menilai aspek penting dalam praktikum pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi, memungkinkan bagi guru untuk menerapkannya di sekolah, memungkinkan guru untuk melakukan penilaian terhadap peserta didik, baik secara individu maupun kelompok, hemat biaya dan pengolahan skornya mudah. Guru telah memberikan tanggapan dengan sangat baik terhadap aspek keterbacaan, konstruksi dan penerapan produk, dengan persentase dari masing-masing aspek secara berturut-turut adalah 88,14 %; 90,67 % dan 84,44 % yang menunjukan bahwa instrumen asesmen kinerja pada praktikum pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi dikategorikan sangat baik.
Kata kunci: asesmen kinerja, pengaruh konsentrasi, laju reaksiFull Text:
PDFReferences
NRC (National Research Council). 1996. National Science Education Standards. Washington: National Academy Press.
Rustaman, N.Y. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI. Bandung: IMSTEP.
Samosir, T. 2013. Pengembangan Asesmen Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Asam Basa. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandarlampung: Universitas Lampung.
Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda.
Susila, I.K. 2012. Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja (performance assesment) Laboratorium pada Mata Pelajaran Fisika Sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA kelas X di Kabupaten Gianyar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 19 (2): 6
Tim Penyusun. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemdiknas.
Tim Penyusun. 2014. Permendikbud RI Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbud
Uno, H. B. dan Koni S. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Wulan, A.R., Rustaman, N., Zainul, A., Adi, D.S. 2007. Pembekalan Kemampuan Performance Assessment kepada Calon Guru Biologi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (2): 1-2.
Wulan, A.R. 2008. Skenario Baru bagi Implementasi Asesmen Kinerja pada Pembelajaran Sains di Indonesia. Jurnal Mimbar Pendidikan, 32 (3): 1-11.
Refbacks
- There are currently no refbacks.