PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KINERJA PADA PRAKTIKUM PENGARUH KONSENTRASI TERHADAP LAJU REAKSI

Reni Novalia, Noor Fadiawati, Ila Rosilawati

Abstract


This research which using Research and Development method was conducted with the aim to develop the performance assessment instrument on the concentration effect on reaction rate experiment and to describe the characteristics and chemistry teacher response to the developed product. Developed performance assessment instrument has characteristics: assess important aspects on the concentration effect on reaction rate experiment, allows the teacher to implement it in schools, allows the teacher to assess students performance, either individually or in groups, cost-effective and easy scoring. Teachers gave a very good response to the legibility, construction and implementation product aspect of an performance assessment instrument which the percentage of them were 88.14%; 90.67% and 84.44%, respectively. Based on it, the performance assessment instrument on the concentration effect on reaction rate experiment was categorized in very good.

Penelitian dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan ini telah dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen kinerja pada praktikum pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi, mendeskripsikan karakteristik dan respon guru kimia terhadap produk hasil pengembangan. Instrumen asesmen kinerja yang dikembangkan memiliki karakteristik: menilai aspek penting dalam praktikum pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi, memungkinkan bagi guru untuk menerapkannya di sekolah, memungkinkan guru untuk melakukan penilaian terhadap peserta didik, baik secara individu maupun kelompok, hemat biaya dan pengolahan skornya mudah. Guru telah memberikan tanggapan dengan sangat baik terhadap aspek keterbacaan, konstruksi dan penerapan produk, dengan persentase dari masing-masing aspek secara berturut-turut adalah 88,14 %; 90,67 % dan 84,44 % yang menunjukan bahwa instrumen asesmen kinerja pada praktikum pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi dikategorikan sangat baik.

Kata kunci: asesmen kinerja, pengaruh konsentrasi, laju reaksi

Full Text:

PDF

References


NRC (National Research Council). 1996. National Science Education Standards. Washington: National Academy Press.

Rustaman, N.Y. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI. Bandung: IMSTEP.

Samosir, T. 2013. Pengembangan Asesmen Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Asam Basa. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandarlampung: Universitas Lampung.

Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda.

Susila, I.K. 2012. Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja (performance assesment) Laboratorium pada Mata Pelajaran Fisika Sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA kelas X di Kabupaten Gianyar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 19 (2): 6

Tim Penyusun. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemdiknas.

Tim Penyusun. 2014. Permendikbud RI Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbud

Uno, H. B. dan Koni S. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Wulan, A.R., Rustaman, N., Zainul, A., Adi, D.S. 2007. Pembekalan Kemampuan Performance Assessment kepada Calon Guru Biologi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (2): 1-2.

Wulan, A.R. 2008. Skenario Baru bagi Implementasi Asesmen Kinerja pada Pembelajaran Sains di Indonesia. Jurnal Mimbar Pendidikan, 32 (3): 1-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.