PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR

Tia Kurniawati, Pargito Pargito, Rosana Rosana

Abstract


This study aims to analyze the use of the discussion method improves learning and learning outcomes geography class XI IPS 3 SMA Negeri 1 Natarian. Classroom action research was conducted in three cycles. The results showed that in the first cycle, a high percentage of students interested in studying only reached 45.46%, while the percentage of student learning outcomes completeness 48.48% (16 people). In the second cycle students interested in a high percentage had increased up to 66.67% and the percentage of mastery learning outcomes also increased to 60.61% (20 people). Later in the third cycle as well as a result of this study, the percentage of students interested in higher learning has increased to 78.79% at the second meeting and the percentage of completeness student learning outcomes also increased to 75.76%.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Natar. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase siswa berminat belajar tinggi hanya mencapai 45,46% sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 48,48% (16 Orang). Pada siklus II persentase siswa berminat tinggi mengalami peningkatan hingga mencapai 66,67% dan persentase ketuntasan hasil belajar juga meningkat menjadi 60,61% (20 Orang). Selanjutnya pada siklus III yang sekaligus menjadi hasil dari penelitian ini, persentase siswa berminat belajar tinggi telah meningkat menjadi 78,79% pada pertemuan II dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa juga ikut meningkat menjadi 75,76%.

Kata kunci: hasil belajar, metode pembelajaran diskusi, minat belajar


Full Text:

PDF

References


Abror, Abd. Rachman. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Hasibuan dan Moedjiono. 1985. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Pargito, 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru Dan Dosen. Bandar Lampung: AURA Printing And Publishing.

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Samadi. 2007. Geografi SMA Kelas X. Jakarta: Yudistira.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara Wacana.

Witherington. 1999. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Yamin, Martinis. 2006. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yudhawati, Ratna dan Haryanto, Dany. 2011. Teori-Teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.