SUMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

Merliyana Merliyana, Pargito Pargito, Dedy Miswar

Abstract


This research aims to identify the average score of learning output of the student in geography focusing on population dynamics of the second grade of social science class in SMA N 08 Bandar Lampung, academic year 2013/2014. To identify the contribution between the contextual teaching learning towards the learning output in the subject of geography about populations dynamics of the second grade of social science class of SMA N 08 Bandar Lampung academic years 2013/2014. The method applied in this research was quasi experiment method.. The samples of this research were 60 students. The data analysis method used in this research was T test, independent sample T test.The result of data analysis conclude that the use of contextual teaching learning model in giving the significant contribution towards the learning output of citizenship dynamics in geography subject of the students. The learning output of the student by applying the contextual teaching learning is bettter (higher) than the output without applying the contextual teaching learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi tentang dinamika kependudukan kelas XI IPS di SMA Negeri 08 Bandar Lampung TA: 2013/2014. Untuk mengetahui sumbangan antara pembelajaran kontekstual (contextual teaching learning) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran geografi tentang dinamika kependudukan kelas XI IPS di SMA Negeri 08 Bandar Lampung TA: 2013/2014. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah  metode eksperimen semu. Jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Analisis data yang digunakan adalah  uji t independent samples t test. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: Penggunaan model pembelajaran berbasis kontekstual memberikan sumbangan yang signifikan terhadap hasil belajar dinamika kependudukan oleh siswa. Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran berbasis kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa model pembelajaran berbasis kontekstual.

Kata kunci: hasil belajar, model, pembelajaran kontekstual


Full Text:

PDF

References


Aliz. 2013. Langkah Model Pembelajaran Contextual. (http://alizbomb.blogspot.com), Diakses tanggal 12 Oktober 2013.

Aprudin. 2011. Penerapan Pembelajaran Kontekstual. (http://007indien.blogspot. com), Diakses tanggal 05 Oktober 2013.

Arikunto, Suharsimi 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiartik, Atik. 2008. Sosiologi kontekstual X untuk SMA dan MA. Pusat Perbukuan Depdiknas.

Combs, Arthur. 2008. The Profesional Education Of Teachers. Boston : Allin and Bacon, Inc.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Pendekatan Kontekstual.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamruni. 2011. Strategi pembelajaran.Yogyakarta : Insan Madani.

Isnawati. 2003. Dinamika Penduduk dan pembangunan di Indonesia dari Perspektif Makro.Yogyakarta : Lesfi.

Jumadi. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Implementasinya. Yogyakarta : FMIPA.

Mahsunah, Ratna Fatmawati. 2007.Skripsi : Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Adiwerna Kabupaten Tegal dalam Pokok Bahasan Pythagiras Ilmu Pengetahuan Alam. Universutas Negeri Semarang.

Nurhadi. 2003. Pendekatan Kontekstual.Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2008.Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi.Malang :Aditya Media Publishing.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Jakarta: Kencana Prenada Meida Group.

Yasa, Doantara. 2008. Pendekatan Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL).(http://ipotes.wordpress.com/?s=ctl), Diakses tanggal 04 Juni 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.