Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

Novi Astarina, Yarmaidi Yarmaidi, Irma Lusi Nugraheni

Abstract


Cooperative learning models applied in this study is Make a Match type which is implemented by using picture cards media. This study aims to determine the mean result of geography class which applies cooperative learning model "Make a Match" by using a picture card media and its result is higher than the lecturing method in X class of MAN Gumawang. The method used in this was quasi-experimental study. Data collecting tool in this research was the geography's test results on material atmosphere. The results showed the average result of the students who learned geography by using cooperative learning method "Make a Match" by using picture card media was higher than the students who were taugh by the lecture method.

Model Pembelajaran kooperatif yang diterapkan dalam penelitian ini adalah tipe Make a Match yang akan dilaksanakan dengan menggunakan media kartu bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rerata hasil belajar geografi yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan menggunakan media kartu bergambar yang menunjukan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan metode ceramah pada siswa kelas X MAN Gumawang. Metode yang digunakan pada penelitian ini eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar geografi pada materi Atmosfer. Dari hasil penelitian diketahui rerata hasil belajar geografi siswa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan menggunakan media kartu bergambar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode ceramah.

Kata kunci: hasil belajar geografi, kartu bergambar, make a match.

 


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif. Bandung: Yrama Widya.

Dimyati dan Mudiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Persada.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.