PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA MELALUI PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI JENIS-JENIS MASALAH SOSIAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan kolaborasi siswa melalui penerapan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) pada Materi Jenis-jenis Masalah Sosial. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS-2 SMA Negeri 3 Rangkasbitung. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket dan tes. Analisis data dilakukan melalui metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan Keterampilan Kolaborasi pada pada Siklus I pertemuan 1 dan 2 yang ditunjukkan dengan data siswa yang memperoleh nilai sesuai KKM/ SKBM adalah : pada siklus I pertemuan ke-1 = 22 orang (52.38 %), siklus I pertemuan ke-2 = 26 orang (61.90 %) atau terjadi kenaikan sebanyak 4 orang (9.52 %), sedangkan untuk siklus II pertemuan ke-3 = 31 orang (73.81 %) atau mengalami kenaikan sebanyak 5 orang (11.90 %) dan siklus II pertemuan ke-4 = 37 orang (88.10 %) atau mengalami kenaikan sebanyak 6 orag (14.29 %). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa, “Penerapan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) secara Signifikan dapat Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa”.
Kata Kunci: Metode Two Stay Two Stray
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azwar Saifuddin, Dr. MA. 2013. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Bloom Benyamin S. 1976. Human Characteristics and school Learning, Mc Graw-Hill Book Company, New York
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor : 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Sekretariat Jenderal Pendidikan Nasional.
Eriyanto, 2016, Analisis Isi : Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya, Bandung : Prenada.
H. Warkitri, Drs, 2001. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar, Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
I. Djati Sidi, Drs. Ph.D, 2001. Menuju Masyarakat Belajar (Menggagas Paradigma baru Pendidikan), Jakarta : Paramadina.
Made Wena, 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.
M.D. Dahlan. Dr.1984. Model-Model Mengajar (Beberapa Alternatif Interaksi Belajar Mengajar). Bandung : Penerbit CV. Diponegoro
Nida’ul Khairiyah, S.Pd, 2018. Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM melalui Penerapan Model Design Thinking (Dawn M. White) untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa SMA pada Materi Gelombang Bunyi (Skripsi : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, Bandar Lampung)
Nida’ul Khairiyah, S.Pd, 2019. Pendekatan Science, Technology, Engineering dan Mathematics (STEM) Referensi standar untuk melakukan pembelajaran di kelas agar lebih efektif dan efisien, Medan : Guepedia.
Sanjaya Wina, DR, M.Pd. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Sardiman,A.M., 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.
Slamet Triyono. 2016, Sosiologi Untuk Siswa SMA/ MA Kelas XI Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosialm, Bandung : Penerbit Srikandi Empat Widya Utama.
Soerjono Soekanto, 2007. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, Prof. Dr, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Solihin, Drs, M.Pd et al., 2013. Langkah Pasti Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Langkah Pasti Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Bekasi : Paedea.
Suharsimi Arikunto, Prof. Dr.1999. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
Sukardi, Prof, Ph.D, 2007. Metoologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta : Bumi Aksara.
Suryosubroto, Drs. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah Wawasan Beberapa Metode Pendukung dan Beberapa Komponen Layanan Khusus. Jakarta: Rineka Cipta.
Suwarsih Madya, Prof, Ph.D, 2007. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research), Jakarta : VC. Alfabeta.
Trianto, M.Pd. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurkulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Wena Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara
Wina Sanjaya, DR. M.Pd. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v10i1.22617
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING