PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KAMPUNG JAWA DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI LABUHAN JUKUNG KECAMATAN PESISIR TENGAH

Elma Iryana, Zulkarnain Zulkarnain, Nani Suwarni, Sugeng Widodo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat Kampung Jawa dalam pengembangan objek wisata Pantai Labuhan Jukung Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang bekerja di Pantai Labuhan Jukung berjumlah 34 orang, terdiri dari 2 orang bekerja sebagai jasa transportasi dan 32 orang berkerja dibagian fasilitas. Pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Pariwisata Pesisir Barat telah mengajak masyarakat sekitar khususnya Kampung Jawa untuk berpartisipasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara ikut mengelola objek wisata Pantai Labuhan Jukung ini dengan membuka usaha dibidang jasa transportasi yaitu penyewaan kendaraan motor dan penyewaan kendaraan mobil dan dibidang fasilitas yaitu usaha penyewaan akomodasi penginapan, usaha makanan dan minuman, cinderamata, penjaga tiket, penjaga kebersihan, penjaga kamar bilas/toilet dan petugas promosi.


References


Adil Siswanto, Moejadi. 2015. Eco-Tourism Development Strategy Baluran National Park in the Regency of Situbondo, East Java, Indonesia. International Jurnal Of Evaluation And Research In Education, 4 (4): 185-195.

Ali, Muhammad. 1985. Penelitian Kependidikan : Prosedur dan Stategi. Bandung: Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kurniawan, Benny. 2012. Metodologi Penelitian. Tangerang Selatan: Jelajah Nusa.

Liga, M dan Octavia Vanny. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabet.

Marrdikanto, Totok., dan Poerwoko Soebianto. 2013. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyani, Ambar T. 2004. Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media.

Tampubolon, Mangats. 2001. Pendidikan, Pola Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Sesuai Instruksi Otonomi Daerah. Jakarta: Balitbang Depdiknas RI.

Undang-Undang Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. JAKARTA: UURI.

Widi, Restu Kartiko. 2010. Asas Metedologi Penelitian Sebuah Pengenalan dan Penuntun Langkah Demi Langkah Pelaksanaan Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR