Motivasi Wisatawan Berkunjung ke Objek Wisata Pantai Mutun

Eko Media Deneski, Buchori Asyik, Zulkarnain Zulkarnain

Abstract


This research aims to examine the motivation of tourists who are visiting Mutun Beach Tourism Object 2018, with the research points of the recreational motivation, dating, visiting family/friend, hobby, and research. This research uses a descriptive method. The populations in this research are all the tourists who visit the Mutun beach. The method of determining the sample is a insidental sampling of 50 respondents. Data collection is carried out by observation, documentation, and structured interviews. Data analysis uses tables and percentage as basis for interpretation and description in giving meaning to the data of this research. The result of this research indicates: (1) tourists motivation for recreation is 32 tourists (64%), (2) tourists motivation for dating is 9 tourists (18%), (3) tourists motivation for visiting family/friend is 2 tourists (4%), (4) tourists motivation for hobby is 6 tourists (12%), (5) tourists motivation for research is 1 tourists (2%).

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang motivasi wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Pantai Mutun Tahun 2018, dengan titik kajiannya pada motivasi rekreasi, berpacaran, mengunjungi keluarga keluarga/teman, penyaluran hobi, dan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Pantai Mutun. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini adalah insidental sampling sebanyak 50 responden. Pengumpulan data dilakukan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara terstruktur. Analisa data menggunakan tabel dan presentase sebagai dasar untuk interpretasi dan deskripsi dalam memberikan arti data tersebut guna laporan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) motivasi wisatawan untuk rekreasi sejumlah 32 wisatawan (64%), (2) motivasi wisatawan untuk berpacaran sejumlah 9 wisatawan (18%), (3) motivasi wisatawan untuk mengunjungi keluarga/teman 2 wisatawan (4%, (4) penyaluran hobi sejumlah 6 wisatawan (12%), (5%) motivasi wisatawan untuk penelitian sejumlah 1 wisatawan (2%).

Kata kunci: motivasi, objek wisata pantai mutun, wisatawan


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daldjoeni. 1992. Geografi Baru Organisasi Baru Kerungan Dalam Teori dan Praktik. Bandung: Almuni.

Fandeli. 1995. Dasar-Dasar Manajemen Kepariwisataan Alam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Koetjaraningrat. 1997. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Mujadi. 2012. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Oka. 1982. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.

Pitana. 2005. Sosiologi Pariwisata. : Yogyakarta: Andi Offset.

Undang-undang RI. 2010. Undang-undang No. 10 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah RI Tahun 2010 Tentang Kepariwisataan. Bandung: Citra Umbara.

Zulgenef. 2008. Metode Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.