Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Geografi

Bima Bintang Akbar, Pargito Pargito, Dedy Miswar

Abstract


This classroom action research aims to improve the students’ learning outcomes through the use of animation media in geographic learning at Senior High School 4 Bandar Lampung. The implementation of this study consists of three cycles, and each cycle consists of several stages, such as planning, implementation, observation and reflection. The data collected in this study were teacher learning activities and the data from the students’ learning outcomes after using animation media. The data from this study were analyzed by qualitative descriptive method. The results of this study indicate that in the first cycle, the completeness of learning outcomes reached 33.33%. In the second cycle the learning outcomes of students increased to 56.66%. In the third cycle which was also as the result in this study, the percentage of completeness of learning outcomes increased to 90.00%. Based on the results of this study, it can be concluded that the use of animation media can improve the geography learning outcomes.

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media animasi pada pembelajaran geografi di SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah kegiatan belajar guru dan data dari hasil belajar siswa setelah menggunakan media animasi. Data dari penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I, ketuntasan hasil belajar mencapai 33,33%. Pada siklus II hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 56,66%. Pada siklus III yang sekaligus menjadi hasil dalam penelitian ini, persentase ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 90,00%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar geografi.

Kata kunci: hasil belajar, media animasi, pembelajaran geografi


| Abstract views: 213 | PDF views: 191

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-dasar Kependidikan (Komponen MDK). Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. Bandar Lampung: Aura Printing and Publishing.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v7i3.17597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR