Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi

Prayoga Desta Riama, Sumadi Sumadi, Irma Lusi Nugraheni

Abstract


This study aims to improve student activity and learning outcomes in class X IPS 1 at SMAN 1 Kasui. The subjects  is  32 students X IPS 1. The method this research is PTK using three cycles. The results that discovery learning learning model had an influence in increasing student learning activities. In the first cycle of learning activities that active at 21.88%, the second cycle 50% and the third cycle increased  71.88 %. In addition, the model of discovery learning also has learning abilities that increase at 6.1% and at the same time an average of 6.25% and in the second cycle is 34.38% and in the third cycle is increased 71.88%, and the discovery learning model of student learning outcomes is increased by 6.1% and at the same time the average obtained 6.25%, in the second cycle 34.38% and in the period increased to 71.88% .

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar pada siswa kelas X IPS 1 di SMAN 1 Kasui. Subyeknya adalah 32 siswa  X IPS 1. Metode penelitian ini  PTK  menggunakan tiga siklus. Hasil penelitian model discovery learning memiliki pengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus pertama kegiatan belajar aktif sebesar 21,88%, siklus II 50% dan siklus ketiga meningkat menjadi 71,88%, dan model discovery learning juga memiliki kemampuan belajar yang meningkat 6,1% dan pada saat yang sama rata-rata 6,25% dan pada siklus kedua adalah 34,38% dan pada siklus ketiga meningkat 71,88%, model pembelajaran discovery learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 6,1% dan pada saat yang sama rata-rata yang diperoleh 6,25%, pada siklus kedua 34,38% dan pada periode meningkat menjadi 71,88%.

Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, model discovery learnin


Full Text:

PDF

References


Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ilahi, T. 2003. Pembelajaran Disco-very Strategy & Mental Voca-tional Skill, Jakarta: Diva Press.

Noviyani, 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SAVI Untuk Meningkatkan Ak-tivitas dan Hasil Belajar Geografi. Universitas Lampung: Bandar Lampung.

Purwatiningsih, S. 2013. Penerapan Metode PenemuanTerbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok. Universitas Tadulako: Palu.

Sadirman. 1990. Ilmu pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sani, A. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kuriku-lum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. 2009. Penelitian Tinda-kan Kelas (PTK). Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Suprihatiningrum, J. 2016. Strategi Pemblajaran. Ar-ruzz Media. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR