Faktor - Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar

Arini Eka Putri, Trisnaningsih Trisnaningsih, Irma Lusi Nugraheni

Abstract


The purpose of this research was to analyze the factors cause of elementary education dropout children at Ambarawa District. Research method using descriptive method and data collecting through observation. The data measurement used percentage analysis technique. Research population were 70 dropout childrens. Sample of this research were 41 dropout childrens in elementary education along with the parent of dropout chidrens which amounted 41 peoples. Result showed: (1) The low income level of the parents of dropout children. (2) The low perceptions of the parents of dropout children. (3) The low learning interest of dropout children. (4) The low level of formal education of the parents of dropout children. (5) The long distance of dropout childrens resident to school.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor penyebab anak putus sekolah jenjang pendidikan dasar di Kecamatan Ambarawa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengukuran data yang digunakan adalah teknik analisis persentase. Populasi penelitian ini adalah 70 anak putus sekolah jenjang pendidikan dasar. Sampel penelitian ini adalah 41 anak putus sekolah jenjang pendidikan dasar beserta orang tua anak putus sekolah jenjang pendidikan dasar yang berjumlah 41 jiwa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tingkat pendapatan orang tua anak putus sekolah rendah. (2) Persepsi orang tua anak putus sekolah tentang pendidikan formal rendah. (3) Minat belajar anak putus sekolah rendah. (3) Tingkat pendidikan formal orang tua anak putus sekolah rendah. (4) Jarak tempat tinggal anak putus sekolah dengan sekolah jauh.

Kata kunci : anak putus sekolah, faktor penyebab, pendidikan dasar


Full Text:

PDF

References


Gunawan, Ary. 2010. Sosiologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta. 187 Hlm.

Imron,Ali. 2004. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Deparmen Pendidikan Nasional. Malang. 216 Hlm.

Keputusan Kementrian Pendidikan Nasional Nomor 129 A/U/2004 Tentang Standar Pelayanan Mininal Bidang Pendidikan pasal 3 dan pasal 4.Luk.Staff.Ugm.Ac.Id/.../Kepmendiknas129a-U-2004standarpelayan. Diakses 1 Maret 2017

Slameto. 2015. Belajar dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta. 195 Hlm.

Suryadi. 2014. Permasalahan Dan Alternatif Kebijakan Pendidikan Indonesia. PT Remaja Rosdakarya. Bandung. 258 Hlm.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 14. Sindikker.Dikti.Go.Id/Dok/Uu/Uu20 2003 Sisdiknas.Pdf. Diakses Tanggal 1 April 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.