Pengaruh Model PBM dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi

Oktriyani Oktriyani, Pargito Pargito, Edy Haryono

Abstract


The research was aimed at finding out (1) the effect of PBM model the students learning achievement of geography at class X A and XI social A, (2) the effect learning style the students learning achievement of geography at class X A and XI social A, (3) the effect between of PBM model and learning style the students learning achievement of geography the student of class X A and XI social A at MA Daarul Maarif Natar. This research used survey method with the quantitative approach. The results showed that there is an effect of PBM model the students learning achievement of geography at class X A and XI social A, there is an effect learning style the students learning achievement of geography at class X A and XI social A, and there is an effect between of PBM model and learning style the students learning achievement of geography the student of class X A and XI social A.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model PBM terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X A dan XI IPS A, (2) pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X A dan XI IPS A, (3) pengaruh antara model PBM dan gaya belajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X A dan XI IPS A di MA Daarul Maarif Natar. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model PBM terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X A dan XI IPS A, ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X A dan XI IPS A, serta ada pengaruh antara model PBM dan gaya belajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X A dan XI IPS A.

Kata Kunci: gaya belajar, hasil belajar geografi, dan model PBM.


Full Text:

PDF

References


Fitri Karlina, dkk. 2014. Pengaruh Model PBL Bermedia Muatan Lokal dan Gaya Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Zat di Kelas VII SMP. (Jurnal Univer-sitas Jambi). Diakses dari http://onlinejournal.unja.ac.id/index.ph /edusains/article/download/1889/1250. Pada Tanggal 17 Oktober 2016 Pukul 10.55 WIB. Hal. 9.

Pabundu Tika. 2005. Metodologi Penelitian Geografi. Bumi Ak-sara. Jakarta.

Iskandar. 2008. Metodologi Pene-litian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kua-litatif). Gaung Persada Press (GP Press). Jakarta.

Muhammad Nur Gufron dan Rini Risnawita. 2013. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Pustaka Pel-ajar. Yokyakarta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi, dan Implementasinya dalam Kur-ikulum Tingkat Satuan Pen-didikan (KTSP). Bumi Aksara. Jakarta.

Zulfakria Rahmawati dan Joko. 2013. Pengaruh Model PBM dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Rangkaian Listrik di SMKN 1 Cermai Gresik. (Jurnal Universitas Negeri Surabaya). Jurnal diakses dari http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal pendidikanteknik- elektro/article/view/4202. Pada Tanggal 17 Oktober 2016 Pukul 10.30 WIB. Hal. 679.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.