Pengaruh Minat Belajar Terhadap Aktivitas Belajar Geografi XI IPS SMAN 5 Bandar Lampung

Annisa Amalia Suci Rozai, Pargito Pargito, Sugeng Widodo

Abstract


The purpose of this research is to: 1) to knew the difference to the interest learned of student used learned make a match model with interest learned of student used learned conventional. 2) to knew influence of interest learned through make a match model to geography learned activited of student class XI IPS SMA Negeri 5 Bandar Lampung. This study used quasi experimental method. Test data analysis used t-test and simple linear regression test. The results of research and discussion concluded 1) that there are difference in student learned interest used make a match model with students used conventional. 2) as well as positive influence of interest learned through make a match learned model to geography learned activited of student class XI IPS SMA Negeri 5 Bandar Lampung.

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran make a match dengan minat belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) untuk mengetahui pengaruh minat belajar melalui model pembelajaran make a match terhadap aktivitas belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Uji analisis data menggunakan uji-t dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa 1) ada perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran make a match dengan yang siswa menggunakan pembelajaran konvensional. 2) ada pengaruh positif dari minat belajar melalui model pembelajaran make a match terhadap aktivitas belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Bandar Lampung.

Kata Kunci: aktivitas belajar, geografi, minat belajar.


Full Text:

PDF

References


Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Kerlinger. 2003. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2015. Model Pembelajaran. Kata Pena. Jakarta.

Priyatno, Duwi. 2012. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Alfabeta. Bandung.

Tafsir, Ahmad. 2001. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Widiantari, Wiwin. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence. (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/1920/1669. Diakses pada tanggal 11 Januari 2017 pukul 15.20).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.