Efektivitas Pemanfaatan Video Visual Pembelajaran Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar

Sri Wulandari, Pargito Pargito, Sugeng Widodo

Abstract


The research purpose is to increase the students activities and geography learning result by using video visual media of learning, The method of this research is quasi experiments. The subjects of this research are the students of social grade, State Senior High School SMAN 1 Kedondong. Object of research is video visual media to increase activites and result study. Data collection techniques using tests and documentation. Research use T test to analysis data. The mean value of posttest of learning result of geography in the experimental class is higher than the control class, The method used in this study is a quasi experiment (Quasi Eksperimen), it is known that the experimental learning exhaustive = 86.84% greater than the learning control class mastery = 57.5%.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan hasil belajar geografi siswa melalui penggunakan media pembelajaran video visual, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS SMAN 1 Kedondong. Objek penelitian adalah media video visual untuk meningkatkan efektivitas dan hasil belajar siswa, teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisi data menggunakan Uji T. Nilai rerata pretest hasil belajar geografi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak berbeda, Nilai rerata posttest hasil belajar geografi pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, Metode yang digunakan pada penelitian ini eksperimen semu (Quasi Eksperimen). diketahui bahwa ketuntasan belajar kelas eksperimen = 86,84 % lebih besar dari ketuntasan belajar kelas kontrol = 57,5 %,

Kata Kunci: Efektivitas belajar, hasil belajar, media video visual

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Yogyakarta

Azhar Arsyad, 2012. Media Pendidikan. Raja Grfindo Persada:Jakarta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta: Jakarta.

Dimyanti, Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta

Hamalik, Oemar, 2008. Proses Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.