Perbandingan Metode Penugasan Bentuk Email Dengan Penugasan Terhadap Hasil Belajar Geografi SMAN 1 Banjit

Marselendra Exprendy Ramadan, Pargito Pargito, Zulkarnain Zulkarnain

Abstract


This research aimed to analyze (1) difference between the average pretest value. (2) difference between the average posttest value and (3) the difference of improvement deviaton in geography learning outcomes. This research used quasi experimental research method (quasi experiment). The object of this research was geography learning outcomes by using assignment method and assignment in form of email. The subject of the research was students of grade XI IPS SMAN 1 Banjit Way Kanan district. Thedata collection used test and documentation techniques. The data analysis technique used gain test technique. The result of this research indicated: (1) There is a significant difference between the average pretest value. (2) There is a significant difference in the mean posttest of geography learning outcomes and (3) There is a significant difference in the mean of the gain value.

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisa perbedaan rata-rata nilai pretest. (2) Untuk menganalisis perbedaan rata-rata nilai posttest dan (3) Untuk menganalisis perbedaan selisih peningkatan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Objek penelitian ini adalah hasil belajar geografi dengan menggunakan metode penugasan dan penugasan bentuk email. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS SMAN 1 Banjit Kab. Way Kanan. Pengumpulan data dengan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik uji gain. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Ada perbedaan yang signifikan rata-rata nilai pretest. (2) Ada perbedaan yang signifikan rata-rata nilai postest hasil belajar geografi dan (3) Ada perbedaan yang signifikan rata-rata nilai gain.

Kata kunci: hasil belajar, metode penugasan bentuk email, penugasan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Isjoni. 2011. Cooperatif Learning, Alfabeta : Bandung.

Mangkoesapoetro, Arif A. 2004. Pendidikan dan Teknologi. Aditya Media: Malang.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan desain Sistem Pembelajaran. Kencana Renada Media Group: Jakarta.

Slameto. (2008). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Edisi II. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutikno Sobry M. 2014. Metode dan Model-Model Pembelajaran. Holistica: Lombok.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.