KENDALA GURU MENGAJAR IPS DI SMP KECAMATAN NATAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Linda Dwi Yulianti, Pargito Pargito, Sudarmi Sudarmi

Abstract


This study aimed to determine the level of constraints in teaching social studies teacher at the junior high school in the District Natar Private South Lampung regency academic year 2014/2015. This research was using descriptive method. The population in this study were 18 teachers who will be the quasi respondents. Collecting data was using observation, documentation, structured interviews. Analysis and presentation of data tables as the basis for interpretation and description in a research report.The results showed that (1) There were 12 teachers (66.7%) did not have the preparation in teaching, (2) There were 13 teachers (72.2%) did not control the current methods of teaching, (3) There are as many as 10 teachers (55 , 6%) did not use the media when teaching, and (4) There were 11 teachers (61.1%) did not make a lesson plan to carry out teaching duties.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kendala guru dalam mengajar IPS di SMP Swasta pada Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan tahun ajaran 2014/2015. Penelitian menggunkan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 18 guru yang semunya akan dijadikan responden. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara terstruktur. Analisis tabel data dan presentasi sebagai dasar interpretasi dan deskripsi dalam membuat laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat sebanyak 12 Guru (66,7%) tidak memiliki persiapan dalam mengajar, (2) Terdapat sebanyak 13 Guru (72,2%) tidak menguasai metode saat mengajar, (3) Terdapat sebanyak 10 Guru (55,6%) tidak menggunakan media saat mengajar, dan (4) Terdapat sebanyak 11 Guru (61,1%) tidak membuat RPP untuk melaksanakan tugas mengajarnya.

Kata Kunci: kendala guru, penggunaan media, penggunaan metode, penguasaan materi, penguasaan perangkat RPP.


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 1985. Penelitian kependudukan dan strategi. Bandung: Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bandung: Bumi Aksara.

Pargito. 2011. Dasar-Dasar Pendidikan IPS Terpadu. Bandar Lampung: Unila.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Bineka Cipta.

Sugiyono. 2006. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta

Tika, M.P. 2005. Metode Pendidikan Geografi. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.