PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI

Danel Mahendra, Pargito Pargito, Dedy Miswar

Abstract


This research was based by students learning achievment which was low on geography subject at XI social grade students in SMAN 3 Metro. This research was aimed at finding out the influence of peer tutoring method toward students geography learning achievement at XI grade students in SMAN 3 Metro in the year of 2015/2016. This research used experimental method. The population of this research was all the students of XI social grade in SMAN 3 Metro in the year of 2015/2016. This research used randomized control-group pretest-posttest design. 52 students used as the sample which was consisted of 27 students as the experimental class and 25 students as the control class. Data analysis which was used in this research were uji T, n-Gain, and Effect Size. Based on the test criteria it can concluded that there was a significant influence toward students geography learning achievement at the class which used peer tutoring as their learning method

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Metro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Metro pada tahun pelajaran 2015-2016. Metode yang digunakan adalah metode Eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Metro tahun pelajaran 2015-2016. Penelitian ini menggunakan Randomized control-group pretest-posttes Design. Dengan jumlah sampel sebanyak 52 siswa yang terdiri dari 27 di kelas eksperimen dan 25 siswa di kelas kontrol. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji T, n-Gain dan Efek Size. Berdasarkan kriteria uji disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode belajar tutor sebaya.

Kata Kunci: metode tutor sebaya, hasil belajar, geografi


Full Text:

PDF

References


Djamarah, S.B dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Silberman. 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Terjemahan oleh Sarjuli, Ammar Adzfar, Sutrisno, dkk. 2009. Pustaka Insan Madani. Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto. 1992. Prosedure Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka. Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode penelitian pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual di Kelas. Cerdas Pustaka Publisher. Jakarta.

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.