PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Syahda Aulia Fatmaningrum, Sumadi Sumadi, Edy Haryono

Abstract


This research was aimed at finding out (1) the difference between the students achievement that used cooperative learning model of quick on the draw type and the students achievement that used conventional learning model, (2) the effect of using cooperative learning model of quick on the draw type on the students learning achievement. Quasi experiment was used in this study. The populations were the students at class XI Social 1 and 2. To analyze the data, T-Test and linear regression analysis were used. The results showed that (1) there was a difference between the students achievement that used cooperative learning model of quick on the draw type and the students achievement that used conventional learning model, (2) there was an effect of using cooperative learning model of quick on the draw type on the students learning achievement.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, quick on the draw, hasil belajar geografi



Full Text:

PDF

References


Ginnis, Paul. 2008. Trik dan Taktik Mengajar Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Jakarta: Indeks.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR