PENGEMBANGAN LKS DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN

Meitikasari Meitikasari, Undang Rosidin, Ismu Wahyudi

Abstract


The purpose of this research was to develop the Students’ Work Sheet learning in science consist of divinity and love the environment. The Development of Students’ Work Sheet started with an analysis of a necessity and identification resources, and continued with identification the specification of product. The internal and external test had been done after the product was developed. The result of internal test by master of material, and design was stated that the Development of Students’ Work Sheet was proper as a learning media. The trial of product had been done on SMPN 1 Bandar Lampung at 7th grade. The result of external test to the student got the attractive score 3,55 (irresistable), easiness score 3,57 (really easy), and utility score 3,50 (very useful) of criteria of minimum competence (KKM) from knowledge, affective, and skilled, and it’s indicated that student’s work sheet was effective.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKS dalam pembelajaran sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan yang tervalidasi. Pengembangan LKS diawali dengan analisis kebutuhan dan identifikasi sumber daya, kemudian dilanjutkan dengan indentifikasi spesifikasi produk yang dikembangkan. Setelah produk dikembangkan dilakukan uji internal dan eksternal. Hasil uji internal oleh ahli materi, dan ahli desain dinyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Uji coba produk dilakukan pada SMPN 1 Bandar Lampung kelas VII. Hasil uji eksternal oleh siswa diperoleh skor kemenarikan 3,55 (sangat menarik), skor kemudahan 3,57 (sangat mudah), dan skor kemanfaatan 3,50 (sangat bermanfaat). Hasil belajar siswa diperoleh sebesar 83,70% tuntas KKM dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan, menunjukan bahwa LKS efektif.

Kata kunci: LKS pembelajaran sains, nilai kecintaan terhadap lingkungan, nilai ketuhanan


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2011. Pendidikan Karakter Membangun Prilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya.

Departemen Agama. 2002. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya: Mahkota.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang - Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Hamzah, Syukri. 2013. Pendidikan Lingkungan. Bandung: Rafika Aditama.

Harjanto. 2008. Perancang Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Juwaniah, Hanni. 2013. Penerapan Nilai-nilai Religius pada Siswa dalam Pendidikan Karakter di MIN Bawu Jepara Jawa Tengah. Skripsi. (Online), (http://www.digilib.uinsuka.ac.id/837, diakses 2 April 2014).

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Buku Pedoman Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Mandikdasmen, Direktorat Pembinaan SMP.

Prasetyo, Zuhdan Kun.2008. Pidato Pengukuhan Guru Besar “Kontribusi Pendidikan Sains dalam Pengembangan Moral Peserta Didik”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rosidin, Undang. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan untuk Memperkuat Karakter Siswa SMP. Laporan Penelitian. Bandar Lampung: Lembaga Penelitian Universitas Lampung. (Tidak Diterbitkan).

Soemarwoto, Otto. 2001. Atur Diri Sendiri Paradigma Baru Pengelolaan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan2009. Lampung: Unila. (Tidak diterbitkan).

Trianto. 2010. Perangkat Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Yasir, Mochammad. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Strategi Belajar Metakognitif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat Manusia. Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Online Bio Edu Vol 2. No 1. Januari 2013. (http://www.jurnal.ac.id, diakses 2 April 2014).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.